Polres Balangan Amankan Natal dan Tahun Baru 2024

Giat Polres Balangan saat mengamankan kegiatan natal di Balangan.(Foto MC Balangan for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik РPerayaan Natal dan Tahun Baru menjadi agenda pengamanan Kepolisian dengan mengelar Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan selama 12 hari sejak tanggal 22 Desember hingga 2 Januari.

Melibatkan sebanyak 44 personel Polres Balangan, personel Polsek jajaran, TNI dan instansi samping guna memaksimalkan kelancaran perayaan Natal di wilayah Kabupaten Balangan.

Read More

Pada hari Natal, sebanyak 20 tempat ibadah yang tersebar di tiga kecamatan yaitu Halong dan Tebing Tinggi dan Paringin Selatan mendapat pengamanan khusus dari personel Polres Balangan, upaya ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kondusif bagi masyarakat yang merayakan Natal.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin memastikan pengamanan di setiap titik lokasi ibadah Natal dengan melakukan pengawasan secara langsung guna memastikan keberadaan personelnya di lapangan sehingga Nataru berjalan aman dan tenteram bagi seluruh masyarakat.

Selain sasaran rumah ibadah, personel Polres Balangan juga melakukan pengawasan dibeberapa titik lokasi wisata, kepada warga yang berkunjung diberikan himbauan menjaga keamanan bersama.

“Suksesnya pengamanan dalam suatu kegiatan tidak lepas dari fungsi pengawasan pimpinan, melalui pelaksanaan Patroli di lokasi ibadah Natal tahun 2023, sekaligus melakukan pengecekan keberadaan personel dalam pengamanan perayaan Natal, memastikan Standar Operasional Prosesur (SOP) Pengamanan sudah dilaksanakan dengan benar atau tidak,” ungkap AKBP Riza Muttaqin, Minggu (25/12/2023).

“Bagi warga yang hendak berlibur di tempat wisata, sekiranya memperhatikan keselamatan diri dengan tidak menggunakan perhiasan yang mencolok yang dapat mengundang tindak kejahatan, tidak kalah penting agar berhati hati dalam berkendara, saling menghormati sesama pengguna jalan raya sehingga tidak menimbulkan potensi kecelakaan,” tambahnya.

Langkah ini sebagai bagian dari upaya preventif untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan memastikan situasi kondusif.

Pengawasan dibeberapa lokasi lainnya juga dilakukan oleh Wakapolres Balangan, Kompol Dany Sulistiono, secara langsung memastikan kelancaran pelaksanaan pengamanan dengan melakukan pengecekan di lapangan.

Sementara itu, Wakapolres Balangan, Kompol Dany mengecek kesiapan personel, penempatan pos pengamanan, dan koordinasi dengan pihak terkait.

Selain pengamanan tempat ibadah, juga dilaksanakan patroli gabungan yang melibatkan TNI-Polri dan Satpol PP menyasar pada area strategis di wilayah Kabupaten Balangan guna mengurangi potensi tindak kriminal selama masa perayaan.

“Saat ini Polres Balangan mengelar dua Operasi kemanusiaan yaitu Operasi Lilin Intan 2023 yang menyasar pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan Operasi Mantap Brata yang fokus dalam menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024, saya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Balangan dapat menjaga stabilitas keamanan bersama, laporkan kepada kami apabila mendapatkan gangguan keamanan,” tegas Kompol Dany.

Upaya pencegahan atau preemtif lainnya juga telah dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai perayaan Natal dan Tahun Baru dalam menjaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran perayaan Natal 2023, perayaan Tahun Baru 2024 dan Pemilu 2024 melalui media mainstream dan media sosial yang dimiliki Polres Balangan.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *