Pesepeda Pemula Harus Perhatikan Beberapa Hal Ini

  • Whatsapp
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Bagi para pemula rata-rata dalam memilih sepeda hanya melihat dari model dan harganya saja. Padahal ada yang lebih penting dari dua hal tersebut. Apa saja yang harus diperhatikan, Banjarbaruklik merangkum dari berbagai sumber.

1. Kondisi Jalan yang akan dipakai untuk gowes.

Read More

Sepeda ada berbagai macam jenisnya. Jika kamu tinggal di kota dan kamu ingin beli sepeda untuk dipakai diperkotaan yang jalannya mulus, kamu harus memilih Road Bike. Kenapa harus road bike? karena road bike memiliki ban yang kecil dan frame sepeda yang ringan. Dibandingkan dengan sepeda mountain bike atau sepeda gunung atau sepeda federal, sepeda balap atau road bike yang paling cocok.

Bagi yang tinggal dipelosok atau di pegunungan, yang mayoritas jalannya masih tanah dan berbatu. Sepeda yang paling cocok adalah mountain bike atau sepeda gunung.

Mountain bike memiliki fork yang kuat, sehingga lebih pas jika dipakai di tanah berbatuan. Jika kamu menggunakan road bike di jalan tanah, maka akan mudah terpeleset dan jatuh.

Bagi yang tinggal jauh dari tempat keramaian dan ingin menggunakan sepeda untuk mengikuti sunmori (sunday morning ride), maka sebaiknya kamu memilih folding bike atau sepeda lipat.

Sepeda lipat bisa dimasukkan ke dalam mobil dan bisa kamu bawa ke taman kota dengan mobil. Kemudian kamu parkir mobil, lalu bisa berganti dengan bersepeda di taman kota atau lapangan Murjani Banjarbaru.

2. Ukuran sepeda mengikuti tinggi badan pengguna.

Sebenernya sepeda tidak bisa dipakai bersama, karena setiap sepeda memiliki ukurannya yang biasanya terletak pada frame dibawah saddle sepeda. Jadi sepeda kamu tidak bisa dipakai oleh orang lain kecuali jika memiliki postur tubuh yang sama.

3. Perhatikan komunitas sepeda yang kamu ikuti

Jika komunitas sepeda yang ada disekitarmu adalah mountain bike, alangkah baiknya kamu memiliki mountain bike. Karena jika kamu menggunakan  road bike sementara komunitasmu menggunakan mountain bike, mereka akan ketinggalan jauh saat berjalan bersama-sama.

Atau jika kamu menggunakan sepeda lipat atau folding bike maka kamu akan ketinggalan jauh dari mereka. Kalo kamu menggunakan sepeda fixie, maka akan kesulitan dalam menghadapi medan yang dijalani.

Itulah hal yang harus diperhatikan oleh pesepeda pemula, semoga bermanfaat.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *