Penerbangan saat Mudik Diprediksi Meningkat 30,1 Persen, AP I Gelar Posko Terpadu

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Jelang Lebaran 2023, Manajemen Angkasa Pura I gelar Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2023 di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai hari Jumat (14/4/2023).

Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2023 akan digelar selama 19 hari, terhitung sejak 14 April hingga 02 Mei 2023 dengan kolaborasi antara personel internal Angkasa Pura I dan stakeholder eksternal terkait.

Read More

Adapun stakeholder eksternal yang terlibat antara lain adalah TNI, Polri, Basarnas, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas Bandara lainnya.

ÔÇťAntusiasme para pemudik tahun ini kami sambut dengan semangat memberikan pelayanan mudik yang aman dan berkesan untuk para pengguna jasa,” ujar General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono, .

Bersama dengan stakeholder terkait, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan, program, dan koordinasi aktif untuk mengantisipasi peningkatan jumlah aktivitas di Bandara maupun kondisi abnormal.

Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2023 yang beroperasi selama jam operasional Bandara yaitu mulai pukul 06.00-22.00 WITA.

Berbagai kesiapan telah dilakukan oleh Manajemen Angkasa Pura I untuk menghadapi Mudik Lebaran 2023, diantaranya adalah dengan pelaksanaan inspeksi keselamatan angkutan lebaran, pengecekan fasilitas berkala, Airport Security Committee hingga persiapan para personel operasi.

Tidak hanya itu, pihak Angkasa Pura I juga telah mempersiapkan sejumlah program untuk antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident, dan force majeur selama periode mudik ini berlangsung.

Pada periode ini, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 30,1% dengan total 160.960 penumpang dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 123.723 penumpang.

Tidak ketinggalan, aktivitas pesawat pun tumbuh 12,3% dengan total 1.177 _movements_ dibanding periode sebelumnya sebesar 1.048 _movements_. Selaras pula dengan jumlah kargo yang bertambah 11,73% sejumlah 1.143.358 kg dibandingkan tahun sebelumnya, 1.023.360 kg.

Adapun selama periode ini, Bandara Internasional Syamsudin Noor akan melayani penerbangan penumpang dengan 9 rute yaitu Jakarta, Surabaya, Kulonprogo, Semarang, Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Muarateweh, dan Kualapambuang.

Dirinya berharap para pengguna jasa dapat berkumpul dengan sanak saudara dengan aman, nyaman, dan bahagia dengan menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor.

“Tidak perlu khawatir karena fasilitas kebandarudaraan maupun para petugas di lapangan sudah dipastikan siap melayani para penumpang dengan baikbaik,” tuntasnya.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *