Hartanya Bikin Heran KPK, Deretan Kendaraan di Garasi Eks

Ilustrasi.(Foto : voi.id)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Mantan Kepala Bea Cukai Purwakarta, Rahmady Effendy Hutahaean, kini menjadi pusat perhatian publik karena kekayaannya yang dianggap tidak wajar. Berdasarkan laporan harta kekayaan yang dia laporkan pada 22 Februari 2023 untuk periode tahun 2022, berikut ini daftar kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Rahmady.

Dari total kekayaan miliaran rupiah tersebut, aset terbesar adalah harta bergerak lainnya yang mencapai nilai Rp 3,284 miliar. Diikuti oleh aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp 900 juta, harta lainnya Rp 703 juta, kas dan setara kas Rp 645 juta, surat berharga Rp 520 juta, serta alat transportasi dan mesin senilai Rp 343 juta.

Read More

Berikut adalah rincian kendaraan bermotor yang berada di garasi Rahmady:

  1. Mobil Toyota Hardtop tahun 1981 – Hasil sendiri senilai Rp 90 juta
  2. Motor Honda Vario tahun 2017 – Hasil sendiri senilai Rp 8 juta
  3. Mobil Honda CR-V tahun 2017 – Hasil sendiri senilai Rp 245 juta

KPK Pertanyakan Asal Usul Kekayaan Rahmady Effendy Hutahaean

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti kejanggalan dalam laporan kekayaan Rahmady. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, mengungkapkan kebingungannya terkait kekayaan Rahmady yang mencapai Rp 6 miliar, tetapi dilaporkan juga bahwa Rahmady memberikan pinjaman sebesar Rp 7 miliar.

“Hartanya Rp 6 miliar, tapi dilaporkan dia memberikan pinjaman sampai Rp 7 miliar. Ini jelas tidak masuk akal,” kata Pahala di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2024).

Selain itu, KPK juga akan melakukan klarifikasi terkait posisi istri Rahmady yang menjabat sebagai Komisaris Utama dalam sebuah perusahaan. Menurut Pahala, perlu investigasi lebih lanjut untuk mengungkap apakah ada kaitan antara jabatan tersebut dengan harta kekayaan yang dimiliki Rahmady.

“Kita akan klarifikasi karena istrinya ini yang Komisaris Utama. Nama PT-nya apa dan segala macam akan kita lihat nanti,” ujar Pahala.

Kejanggalan dalam laporan harta kekayaan ini memicu pertanyaan besar dari publik dan mendorong KPK untuk menggali lebih dalam tentang asal usul harta Rahmady Effendy Hutahaean.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *