Ratusan Santri di Banjarbaru Ikuti Apel Hari Santri

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, ratusan santri se-Kota Banjarbaru padati Lapangan Pondok Pesantren Nurul Fikri Banjarbaru untuk melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih, pada Sabtu (22/10/2022).

Hari Santri Nasional tahun ini telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo jatuh pada tanggal 22 Oktober. Penetapan ini merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban muslim untuk berjihad, demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Read More

Terlihat sejak pagi suasana dilapangan Pondok Pesantren Nurul Fikri Banjarbaru berjalan dengan khidmat, ratusan santri terus bergantian datang memasuki lapangan tempat upacara digelar.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional pada tahun ini mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Dalam upacara tersebut terlihat hadir Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin untuk menjadi pembina upacara.

Walikota mengatakan bahwa santri akan mempunyai masa depan yang cerah tetapi santri jangan melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri.“Santri harus mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspriasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan,” ujarnya.

Para peserta upacara kali ini berasal dari beberapa Pondok Pesantren yang tersebar di Kota Banjarbaru, diantaranya Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru, Pondok Pesantren Wali Songo Banjarbaru, Pondok Pesantren Raudhatul Mutaallimin Annahdiyah (RMA), Pondok Pesantren Warasatul Fuqoha, Madrasah Wustho Darun Najah, Pondok Pesantren Raudhatun Nasihin dan Pondok Pesantren Sullamul Khoiriyah.

Tidak hanya upacara bendera yang digelar dalam Hari Santri Nasional kali ini, namun ada beberapa macam bazar kuliner yang ikut memadati Lapangan Pondok Pesantren Nurul Fikri Banjarbaru.

Kemeriahan acara ini ditutup oleh beberapa pertunjukan dari santri se-Kota Banjarbaru, yakni berupa seni bela diri kempo, madihin, pantun, nasyid dan masih banyak lagi.

Dalam Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 tampak juga hadir Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah Akbar, Kepala Kementrian Agama Kota Banjarbaru Drs. H. Makhrus, M.M., Para Komandan Satuan TNI dan Polri, beserta beberapa Pimpinan Pondok Pesantren Kota Banjarbaru juga turut hadir dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional ini.

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *