Ini Jadwal dan Persyaratan untuk Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru

Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana. (Foto : Ahdalena/Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada bulan November, dan Kota Banjarbaru mulai menyaksikan munculnya sejumlah calon yang siap untuk berkompetisi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis jadwal tahapan persiapan, termasuk pendaftaran dan persyaratan dukungan bagi calon perseorangan.

Read More

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Rozy Maulana, mengatakan, KPU Banjarbaru akan memulai tahapan pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan pada 5 Mei 2024.

Di Banjarbaru, persyaratan untuk pasangan calon dari jalur perseorangan adalah paling sedikit memiliki dukungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu sebelumnya.

“Jumlah DPT Kota Banjarbaru pada pemilu sebelumnya adalah 190.609, sehingga calon perseorangan harus memiliki minimal 19.061 dukungan,” ujarnya.

Persyaratan ini sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 1 Ayat 2 huruf a, yang menyatakan bahwa kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada DPT hingga 250 ribu jiwa harus memiliki dukungan paling sedikit 10 persen.

Selain calon perseorangan, partai politik atau gabungan partai politik juga dapat mendaftarkan pasangan calon dengan memenuhi persyaratan tertentu.

Pendaftaran pasangan calon baik dari jalur perseorangan maupun partai politik akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Untuk partai politik, syarat untuk mendaftarkan pasangan calon adalah memiliki minimal 20 persen kursi di DPRD.

“Dengan 30 kursi di DPRD Banjarbaru, partai politik atau gabungan partai politik harus memiliki minimal enam kursi untuk dapat mendaftarkan pasangan calon,” terangnya.

Tahapan Pilkada Banjarbaru 2024 terus berlanjut, dan KPU serta para calon berupaya untuk memastikan persyaratan dan proses pendaftaran berjalan lancar.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *