PLN Kalselteng Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak di Festival Seni Budaya Dayak Borneo In Harmony

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – satu hal yang paling melekat saat mendengar nama Kalimantan adalah Suku Dayak. Tak bisa dipungkiri, Suku Dayak yang merupakan penduduk asli Pulau Kalimantan ini menjadi ikon yang sangat terkenal di Indonesia, khususnya dari Kalimantan Selatan.

Para kaum muda Suku Dayak yang tergabung dalam Perkumpulan Dayak Meratus menggelar Festival Seni Budaya Dayak Borneo. Bertema “Borneo in Harmony 3”, festival ini berupaya membangun gerakan bersama dan solidaritas untuk melestarikan budaya masyarakat melalui ragam kearifan lokal khas Suku Dayak yang dikemas secara unik dan menarik.

Read More

Festival ini digelar mulai Kamis,12 Mei sampai dengan Minggu 15 Mei 2022, bertempat di atrium lantai dasar Q Mall Banjarbaru.

Ketua Perkumpulan Dayak Meratus Benyamin Uhil, menjelaskan tujuan diselenggarakan pagelaran ini guna mengenalkan berbagai seni dan budaya Dayak yang diharapkan dapat dikenal secara luas.

“Pagelaran ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kualitas pecinta dan pelaku seni budaya dan mensosialisasikan seraya mempromosikan adat istiadat dan seni budaya Dayak kepada masyarakat luas,” ujar Benyamin.

Berbagai kegiatan menarik telah disiapkan untuk memanjakan para pengunjung diantaranya lomba ketangkasan tradisional, seperti balogo, bagasing dan tarian tradisional lainnya. Selain itu ada juga lomba fashion show, dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Dalam pagelaran seni budaya ini PLN Kalseteng hadir dan berpartisipasi dalam upaya pengembangan berkelanjutan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy menuturkan bahwa PLN peduli terhadap pelestarian budaya daerah dan partisipasi sebagai salah satu sponsorship mendorong suksesnya kegiatan tersebut. Salah satunya dengan membuka stand layanan PLN Mobile, yang bertujuan untuk memberikan informasi dan promosi seputar produk layanan PLN.

“PLN sebagai salah satu BUMN mendukung pelestarian budaya daerah melalui kegiatan semacam ini, tidak hanya itu PLN juga menawarkan berbagai promo produk layanan di stand PLN Mobile yg telah disiapkan,” ujar Tonny

Lebih lanjut dirinya menjelaskan promo produk layanan telah disiapkan PLN antara lain,
• Ramadhan Berkah : Tambah daya rumah ibadah cuma Rp.150.000-
• Lebaran Ceria : Nikmati Diskon Tambah Daya, hanya dengan belanja Rp.100.000 di marketplace.
• Nyaman Kompor Induksi : Diskon Tambah Daya dengan pembelian Kompor Induksi.

Selain itu dirinya menuturkan seni budaya dan adat istiadat suku dayak merupakan salah satu kekayaan kebudayaan nasional yang telah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang suku bangsa Dayak Meratus, dan telah membentuk kepribadian dan karakteristik bernuansa kearifan lokal yang tetap eksis hingga saat ini. Oleh karena itu perlu didukung dan dilestarikan secara terencana dan berkesinambungan.(abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.