2023, Pemkab Balangan Programkan 119 Paket JUT dan Jalan Produksi

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Upaya meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Balangan terus digenjot pemerintah daerah setempat. Di tahun 2023 ini, selain memberikan bantuan langsung berupa bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian, Pemkab Balangan juga menganggarkan untuk membangun infrastruktur pertanian guna menunjang kegiatan pertanian para petani.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus mengatakan, pembangunan infrastruktur untuk pertanian di tahun 2023 ini yaitu sebanyak 119 Jalan Usaha Tani (JUT) dan jalan produksi.

Read More

“JUT merupakan prasarana transportasi untuk kawasan pertanian yang diharapkan dapat memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian. Selain itu, JUT juga berperan penting dalam mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan padi, pengolahan atau pasar,” ujarnya, Selasa (7/2/23).

Dengan dibangunnya 119 paket JUT pada tahun ini, kata dia, maka total jumlah JUT yang ada di Balangan ada 450 buah yang tersebar di seluruh kecamatan dan desa.

Untuk diketahui, pada 2022 lalu hasil produksi pertanian di Kabupaten Balangan mengalami peningkatan lima persen, yang tahun sebelumnya sebanyak 5,5 ton per hektare, saat ini menjadi 5,7 ton per hektare.

“Angka produksi ini bisa terus meningkat dengan banyaknya bantuan yang diberikan dan infrastruktur yang mendukung. Meskipun tidak ada perluasan lahan pertanian, namun untuk hasil produksi diharapkan bisa mengalami peningkatan,” harap Tuhalus

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *