UMKM Perlu Dukungan Lebih Dari Pemko Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit
Anggota Komisi DPRD Banjarbaru, Emi Lasari





Banjarbaruklik – Saat ini Kota Banjarbaru punya banyak pelaku UMKM. Bahkan jumlahnya disebutkan mencapai ribuan. Baik dari sektor kuliner, pakaian, cendera mata dan lainnya.

Sayangnya, menurut Anggota Komisi DPRD Banjarbaru, Emi Lasari. Bahwa dukungan terhadap UMKM di Banjarbaru oleh Pemko masih belum begitu maksimal.

Read More

Legislator PAN Kota Banjarbaru ini menyebutkan bahwa soal permodalan yang kerap dikeluhkan pelaku UMKM masih belum teratasi sepenuhnya.

“Kendala itu hampir rata-rata soal modal usaha. Ketika ingin mengajukan permodalan kadang para pelaku UMKM ini tidak punya jaminan. Nah hal seperti ini saya kira yang harus dicarikan solusinya oleh Pemko melalui dinas terkait,” nilainya.

Dilanjutkannya, soal porsi keterlibatan UMKM dalam gelaran event kadang juga jadi polemik tersendiri. Sebab kata Emi perlu diberikan kebijakan yang menguntungkan terhadap seluruh UMKM asal Banjarbaru yang ingin menjual produknya.

“Salah satunya soal harga sewa booth atau tenda ketika bazar. Nah ini diharapkan ada kebijakan tenda gratis. Bukan sekadar gratis saja, tapi juga bisa diikuti oleh semua UMKM. Jangan sampai ada kesan tebang pilih, karena UMKM kita banyak dan berpeluang. Juga kalau ada pameran, tenda UMKM ini dijadikan satu areal, jangan digabung dengan tenda korporasi atau waralaba yang sudah besar,” pandangnya.

Terakhir, Emi juga menyarankan agar produk UMKM asal Banjarbaru bisa lebih dipromosikan dan juga intens diberikan pelatihan. “Misalnya pelatihan penjualan dan promosi secara digital. Ini agar pelaku UMKM kita bisa beradaptasi dan bersaing dengan perkembangan zaman,” pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.