Tahun Baru, Pemukiman Warga di Kelurahan Cempaka Banjarbaru Banjir

Waktu Baca : 3 menit
BANJIR – Puluhan rumah pemukiman warga di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru tergenang banjir, Rabu (1/1) pagi. 

Banjarbaruklik – Hari pertama Tahun Baru 2020, puluhan rumah di empat Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru terkena Banjir, Rabu (1/1) pagi tadi.

Berdasarkan informasi, air sempat memasuki rumah warga dan menggenangi teras rumah serta dapur di pemukiman padat penduduk ini.

Read More

“Benar ada banjir di pemukiman warga di Kelurahan Cempaka pagi tadi. Berdasarkan laporan anggota saat ini banjir sudah surut. Sementara air diduga disebabkan karena intensitas hujan yang tinggi dari malam sampai pagi hari,” ungkap Kapolsek Banjarbaru Timur AKP Debi Triyani Murdiyambroto, kepada Banjarbaruklik, Rabu (1/1) siang.

Sementara itu di waktu terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, Zaini membenarkan. Perihal musibah banjir yang sempat menyambangi pemukiman warga di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru.

“Banjir sempat menggenagi pemukiman di empat RT di Kelurahan Cempaka. Tapi tidak lama, sekitar satu jam saja, sekitar pukul 09.00 Wita tadi,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com

TURUN KE LOKASI – Tampak Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, ZAINI bersama anggotanya turun ke lokasi pemukiman warga yang terkena banjir di Cempaka. 

Dia menerangkan, total ada 30 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir ini, mulai dari RT 22, RT 23, RT 24 dan RT 25 di Kelurahan Cempaka. Tapi menurutnya, tidak ada yang terdampak parah. Banjir hanya memasuki teras dan dapur warga saja. Tidak sampai merusak perabotan rumah atau alat elektronik warga.

“Karena hujan deras dari malam dan pagi hari tadi. Lalu debit air meninggi, sehingga air meluap ke pemukiman warga. Ditambah aliran sungai-sungai kecil tersumbat, karena banyak dibangun rumah oleh warga. Juga drainase yang kecil tidak cukup menampung air. Sehingga akibatnya air meluap ke pemukiman warga,” terang pria yang baru dilantik ini.

Dirinya bersama dengan jajaran BPBD Banjarbaru juga sempat turun ke lokasi banjir. Melihat kondisi dan berkomunikasi dengan warga terdampak banjir.

“Alhamdulillah dampaknya tidak parah, ini faktor alam saja. Air juga hanya menggenangi sekitar satu jam, saat ini sudah surut. Beruntung di Cempaka juga sudah ada Embung, sehingga mengurangi debut air,” bebernya.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.