Pencangan BIAN, Walikota : Imunisasi Anak Sedini Mungkin

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak, Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang mulai dilakukan pada bulan Mei 2022 hingga bulan Agustus 2022.

BIAN bertujuan untuk mengendalikan dan mengeliminasi penyakit tertentu seperti campak dan rubella serta untuk memenuhi imunisasi dasar lengkap pada anak sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kebal dari penyakit tertentu yang mungkin akan menyerang dimasa mendatang.

Read More

Imunisasi dasar lengkap yang diberikan kepada anak akan ditambah 3 jenis imunisasi yang sebelumnya hanya 11 jenis imunisasi menjadi 14 jenis imunisasi yakni imunisasi untuk anti diare, imunisasi anti pneumonia dan imunisasi untuk mencegah kanker serviks.

Walikota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH mengatakan, agar seluruh jajaran dibidang kesehatan, baik Puskesmas, Dinas Kesehatan ataupun Fasilitas Kesehatan lain di Kota Banjarbaru untuk saling berkoordinasi.

“Kesehatan itu mahal harganya, lebih baik kita mencegah sedini mungkin melalui imunisasi dan vaksinasi dari pada sudah sakit baru diobati,” ucapnya.

Lanjut Walikota, imunisasi jauh lebih baik dan lebih murah dibandingkan dampak yang akan timbul di masa mendatang.

Walikota juga berharap para orang tua dengan penuh kesadaran membawa anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan secara tidak langsung ikut mensukseskan pelaksanaan BIAN Tahun 2022 di Kota Banjarbaru.

“Diharapkan melalui imunisasi ini kesehatan masyarakat lebih meningkat terutama saat ini masih anak dan dewasanya jauh dari penyakit,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Vivi Mari Zubedi menyampaikan bahwa pemberian imunisasi sangatlah penting untuk melindungi anak dari penyakit berbahaya dan anak dapat lebih sehat serta produktif.

“Saya sangat mendukung pelaksanaan BIAN ini sebagai momentum mengingatkan kembali betapa pentingnya imunisasi untuk anak,” tambahnya.

Pemerintah Kota Banjarbaru menargetkan pelaksanaan BIAN Tahun 2022 ini selama 2 bulan dengan sasaran adalah anak Sekolah Dasar. (Adl)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.