Ini Jenis Ruangan Rawat Inap dan Fungsinya di RSD Idaman Banjarbaru

Waktu Baca : 3 menit
MENJELASKAN – Kasi Asuhan Keperawatan HM Fakhruddin Noor SKM MKM menjelaskan kepada Banjarbaruklik, ada 8 jenis ruangan rawat inap di RSD Idaman Banjarbaru.

Banjarbaruklik –  Setiap Rumah Sakit ruangan rawat inap bagi pasien itu diberi nama yang unik dan mudah diingat. Mulai dari nama hewan, tanaman ataupun nama bunga. Salah satunya, RSD Idaman Kota Banjarbaru, di RS tersebut ruangan rawat inap bagi pasien diberi dengan nama-nama burung.

Kasi Asuhan Keperawatan RDS Idaman Kota Banjarbaru, HM Fakhruddin Noor SKM MKM, Saat ditemui  Banjarbaruklik.com diruang kerjanya, mengaku ada 8 jenis ruangan rawat inap bagi pasien di RSD Idaman Banjarbaru.

Read More

Mulai dari ruangan Murai untuk pasien VIP, Medikal, Surgikal dan Anak. Lalu ruangan Kasuari untuk pasien VIP, kelas I, Medikal dan Surgikal. Juga ada ruangan Camar, untuk Penyakit Dalam atau Medikal.


Juga ada ruangan Nuri untuk Bedah atau Surgikal. Ruangan Kenari, untuk ruangan pertolongan persalinan dan Rawat Pasien VIP. Ruangan Merpati untuk pasien setelah bersalin atau melahirkan dan penyakit kandungan.

Ruangan Cendrawasih untuk bayi yang perlu perawatan dan ruangan Merak khusus untuk perawatan anak, hematologi-onkologi anak dan endokrin anak. Serta dua ruangan perawatan kritis atau intensif seperti ICU/ICCU dan PICU.

“Hal ini dimaksudkan agar kami tahu pasien tersebut harus masuk ruangan mana. Supaya, antara bedah dan non bedah tidak berkumpul menjadi satu,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik, Rabu (26/2) siang.
RUANGAN RAWAT INAP – Salah satu ruangan rawat inap di RSD Idaman Banjarbaru.

Dia menjelaskan, bahwa nama ruangan rawat inap dan rawat intensif di RSD Idaman Kota Banjarbaru itu mempunyai masing-masing fungsi. Sesuai dengan kondisi pasien tersebut.

“Kami menghindari penularan penyakit.
Apabila antara bedah dan non bedah dikumpulkan menjadi satu, otomatis penyakit itu akan cepat tertular,” bebernya.

Dijelaskannya, sebagai contoh penyakit bedah itu tidak menular, pasien tersebut dirawat hanya untuk menyembuhkan luka sehabis operasi. Apabila dikumpulkan pasien yang mempunyai penyakit dalam, seperti penyakit TBC misalnya, yang bisa menularkan melalui udara.

“Hal itu bisa menimbulkan penyakit  baru kepada pasien bedah. Karena pasien tersebut, daya tahan tubuhnya masih lemah, dalam masa penyembuhan luka selepas operasi. Penyakit itu disebut infeksi  Healthcare Associate Infections,” bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya membagi beberapa ruangan, sesuai penyakit pasien. Agar tidak menimbulkan penyakit baru.

“Makanya kita semua perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat. apa sih ruangan-ruangan rawat inap dan fungsinya di RSD Idaman Kota Banjarbaru ini,” tutupnya.(ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.