PLN Bantu Elektrifikasi Sistem Pengairan, Hasil Panen Gapoktan Naik Empat Ton

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kepedulian PT. PLN UIKL Kalimantan patut diacungi jempol. Kali ini, PT PLN UIKL KAL melalui program TJSL Tahun 2021 memberikan bantuan Fasilitasi Elektrifikasi Sistem Pengairan Pertanian untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kayuh Baimbai Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Gapoktan ini merupakan gabungan 10 kelompok tani yang beranggotakan total 133 orang. Memang, wilayah Desa Simpang Empat ini termasuk area pertanian yang kebutuhan airnya tergantung curah hujan. Meski ada sumber air berupa mata air, tetapi topografi yang menghambat aliran alami dari mata air tersebut menuju kawasan pertanian masyarakat.

Read More

Diungkapkan Misrani, Ketua Gapoktan Kayuh Baimbai, ia sangat berterima kasih atas bantuan ini. Berkat teknologi elektrikasi pengairan ini sangat keliatan dampak positifnya. Seperti peningkatan hasil panen sebesar 4 ton dibandingkan sebelum ada fasilitas pengairan listrik (sprinkle spraying) atau sebesar Rp45 juta.

Diakuinya, memang percepatan waktu panen tidak ada, tetapi masa panen bisa lebih Panjang. Bahkan mencapai 15 kali dibanding sebelumnya hanya 9 hingga 10 kali. “Kualitas buah juga lebih baik dari segi ukuran, berat dan tingkat kematangan,” ujarnya, Senin (11/10/2021).

Petani juga bisa melakukan penghematan biaya produksi berupa tidak ada lagi penggunaan BBM premium sebanyak 200 liter saat penyiraman pada awal tanam. Bahkan enggunaan pestisida pun bisa dihemat sampai Rp2 juta. “Hal ini karena sebagian pengendalian serangga hama menggunakan cahaya lampu,” ujarnya. (abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.