Banjarbaru Siap Tangani Virus Corona, Nol Pasien Suspect

Waktu Baca : 2 menit
H Said Abdullah Sekdako Banjarbaru beri keterangan terkait virus korona
BERI KETERANGAN – Sekda Banjarbaru, yang juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19, memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik, Senin (16/3) siang.
Banjarbaruklik – Status Siaga Darurat Non Bencana untuk Kota Banjarbaru, memberikan tugas baru untuk Gugus Tugas pencegahan dan Penanganan Corona Virus (Covid-19) di Kota Banjarbaru.

Ketua Gugus Tugas, Said Abdullah saat ditemui usai rakor penanganan dan pencegahan Covid-19 mengatakan, fakta saat ini Kota Banjarbaru nol pasien suspect Virus Corona.

“Kota Banjarbaru Nol Pasien Suspect Virus Corona dan semua SKPD bersama sama menangani dan pencegahan virus Corona. Agar jangan sampai dan tidak menyebar ke Kota Idaman tersebut,” terangnya.

Dia menjelaskan, Virus Corona ini datangnya dari luar. Karena itu menurutnya, virus ini hanya masuk dari Bandara dan pelabuhan bukan dari lingkungan kita.

Oleh sebab itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I, Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin. Guna ikut melakukan pencegahan Virus Corona ini.

Pihaknya juga meminta, pihak Bandara dan Pelabuhan agar harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP), baru guna menaikkan sistem keamanan dan perketat penyebaran virus.

“Kita tetap monitor setiap hari perkembangan virus ini. Karena masih nol Suspect maka semua masih jalan seperti biasa seperti sekolah dan kantor pemerintah,” jelasnya.

Namun, lanjutnya langkah langkah antisipasi terus dilakukan. Seperti ASN dan pekerja tidak lagi menggunakan finger print untuk absen dan kembali ke absen manual. Lalu tidak bersentuhan (bersalaman) langsung dengan orang lain. Juga meningkatkan kebersihan diri dengan cuci tangan dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Sementara itu Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani membeberkan, pihaknya saat ini juga memberikan cuti kepada salah satu ASN. Dimana diketahui yang bersangkutan bepergian ke luar negeri tepatnya ke Negeri Gajah Putih Thailand. 

“Untuk ASN yang baru pulang dari Thailand ini, kami berikan cuti selama 14 hari kedepan. Agar mengindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga ada ketakutan dari pegawai lain yang satu kantor dengan ASN tersebut,” ujarnya.

Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan, kepada ASN yang baru pulang dari Thailand ini. Walaupun yang bersangkutan belum terindikasi dan Suspect Virus Corona.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.