Air Kembali Banjiri Ratusan Rumah di Kecamatan Cempaka

Waktu Baca : 2 menit
EVAKUASI – Warga di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru dievakuasi  saat banjir, Minggu (5/1) siang. 

Banjarbaruklik – Akhir pekan ini air kembali menyambangi Cempaka Kota Banjarbaru. Tercatat ratusan rumah di Basung dan beberapa wilayah di Kecamatan Cempaka terendam banjir, Minggu (5/1) pagi.

Ketinggian air bervariasi, mulai mata kaki atau sekitar 20 sentimeter sampai dengan dada orang dewasa sekitar 1 meter lebih. Beberapa wilayah di Kecamatan Cempaka memang menjadi langganan banjir.

Read More

Hampir setiap tahun jika hujan deras, Banjir selalu terjadi di Kecamatan di Kota Banjarbaru ini. Banjir juga menggenangi ruas Jalan Mistar Cokrokusumo Cempaka arah Pelaihari.

Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Wahyudin yang turun langsung kelapangan mengatakan, pada akhir pekan ini ada tiga lokasi di Kota Banjarbaru yang tergenang banjir. Kecamatan Cempaka, Kemuning dan Pengakuan Kecamatan Liang Anggang.

“Banjir terjadi sekitar pukul 06.00 Wita, ketinggian air bervariasi, paling tinggi di Kecamatan Cempaka diman ketinggian mencapai satu meter lebih. Dibeberapa titik pada siang ini sudah mulai surut, tinggal di Kecamatan Cempaka yang masih dalam kondisi Banjir,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com, Minggu (5/1) siang.

Dia menambahkan, untuk wilayah kecamatan Cempaka yang terdampak banjir ada 20 RT. Diantaranya di Basung ada 14 RT dan Sungai Tiung ada 6 RT.

“Untuk jumlah rumah belum terdata semua, karena ketinggian air yang mencapai 1meter lebih. Kami juga sudah melakukan evakuasi kepada warga sekitar,” terangnya.

Selain itu, BPBD juga berkoordinasi dengan berbagai pihak. Total ada 150 personel yang diturunkan, mulai dari BPBD Provinsi, BPBD Kota Banjarbaru, TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP Damkar dan Tagana.

“Banjir juga disebabkan karena masalah penangkapan Sungai di Cempaka, dimna seharusnya bisa menampung dengan ketinggian 6 meter. Saat ini terkena penangkapan menjadi dua meter saja kedalamannya,” terangnya.

Dia menerangkan, pihak ya juga sudah menyiapkan 11 perahu karet yang disiagakan dalam banjir ini. Banjir di daerah Cempaka beruntungnya tidak memakan korban jiwa. Sampai berita ini diturunkan, Banjir masih menggenangi Kecamatan Cempaka.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.