Jamin Kesehatan WBP, Lapas Kelas IIB Banjarbaru Luncurkan Program LAKASI

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Guna memberikan hak warga binaan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. Lapas Kelas IIB Banjarbaru luncurkan program Layanan Kesehatan Setiap Hari (LAKASI).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas ll B Banjarbaru Amico Balalembang melalui Kasi Binadik Lapas Banjarbaru Septyawan Kuspriyo.

Read More

“Program LAKASI dilakukan dengan metode jemput bola yaitu mendatangi secara langsung ke blok hunian. Jadi warga binaan tidak perlu ke ke klinik, tapi petugas yang mendatangi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) diblok.

Masing-masing blok seluruh warga binaan diperiksa kesehatannya secara bergantian oleh Dokter dan para Perawat, berupa pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, serta pemeriksaan kesehatan lainnya.

“Seluruh layanan kesehatan juga diberikan secara gratis. Kami juga menekankan agar WBP tidak perlu merasa sungkan jika ingin memeriksakan kesehatannya ataupun jika ada keluhan yang dialami,” tambahnya.

Dengan adanya program ini, ia berharap warga binaan selalu terjamin kesehatannya selama di dalam Lapas. Program ini juga bertujuan untuk mendeteksi dini serta antisipasi apabila warga binaan memiliki penyekit serius yang butuh perawatan intensif.

“Kami juga ada blok khusus untuk warga binaan yang memiliki penyakit menular. Dipisahkan agar tak menular ke warga binaan yang lain. Selain diperiksa kesehatannya juga diberikan pengobatan,” terangnya.

Diakuinya, warga binaan menyambut positif dan senang dengan adanya program tersebut. “Mereka lebih merasa diperhatikan kesehatannya,” pungkasnya. (Adl)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.