Pemeliharaan dan Peremajaan Hutan Pinus Banjarbaru oleh Dishut Kalsel

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kembali Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan pelihara Hutan Kota Pinus yang terletak di Mentaos I Banjarbaru dengan melakukan pembersihan dan penanaman pohon meranti dan beberapa jenis tanaman hias, Senin (16/5).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kadishut Prov Kalsel Fathimatuzzahra dan diikuti seluruh staf Dishut Kalsel, Polisi Kehutanan dan Balai Perbenihan Tanaman Hutan. “Tiada hari tanpa menanam. Untuk kedepannya akan dilakukan pemeliharaan lebih intensif lagi, pohon yang sudah tua akan dilakukan penebangan, kemudian juga akan dilakukan peremajaan dengan menanami lahan yang masih kosong dengan tanaman Ulin, Meranti dan Pinus,” ucap Kadishut Kalsel, Fathimatuzzahra.

Read More

Setelah semua personel berkumpul dan pembagian tugas, semua personel gabungan tersebut langsung berpencar kelokasi yang sudah diarahkan untuk melakukan pembersihan tanaman yang mati, penebangan pohon yang sudah tua, dan penanaman bibit meranti dan beberapa jenis tanaman hias dengan menggunakan alat yang sudah dibawa dari rumah masing masing seperti cangkul, sekop taman kebun, parang dan sarung tangan agar mempermudah proses penanaman dan pembersihan.

Sampai selesai, sekitar 600 tanaman hias dan 200 bibit meranti ditanam dikawasan tersebut bersama Balai Perbenihan Tanaman Hutan.

Saat ini Hutan Pinus Mentaos sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang nyaman untuk dijadikan sebagai kawasan rekreasi maupun alternatif destinasi wisata yang murah dan mudah dijangkau bagi warga. Pemeliharaan dan peremajaan tanaman akan terus dilakukan agar menjadi kawasan rekreasi yang nyaman dan aman bagi warga.

Penarikan retribusi nantinya akan diberlakukan, hal ini semata-mata untuk pemeliharaan dan perbaikan sarpras pendukung, agar Hutan Pinus Mentaos tetap menjadi kawasan rekreasi yang nyaman dan aman bagi warga.

Sumber : https://www.facebook.com/DishutProvKalsel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.