Yuk Tengok, Ini 11 Jenis Kurma Populer Saat Bulan Ramadan

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Buah kurma merupakan buah andalan saat berbuka berpuasa. Kurang afdol rasanya jika tidak berbuka dengan buah yang satu ini. Kurma dipercaya mampu mengembalikan energi yang kurang saat puasa.

Ada berbagai jenis kurma di dunia ini. Namun, banyak orang awam yang mengenal buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini. Selama ini kita hanya mengenal beberapa jenis kurma. Padahal, masih ada beragam kurma yang ada di pasaran. Berikut macam-macam jenis kurma :

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang menjadi incaran banyak orang karena kurma ajwa disebut juga dengan ”Kurma Nabi“. Konon, kurma inilah yang sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Kurma ajwa rasanya tidak terlalu manis dan mirip seperti kismis.

2. Deglet Nour

Kurma Deglet Nour berwarna kuning keemasan, rasanya tidak terlalu manis dan merupakan salah satu jenis kurma yang paling banyak didistribusikan, sangat terkenal di negara Libya, Algeria, Tunisia, dan Amerika Serikat.

3. Barhi

Kurma Barhi memiliki ukuran sedang, berkulit tipis, dan memiliki daging lembut yang cita rasa manis. Keunggulan dari kurma barhi yakni bisa disimpan berbulan-bulan dan bisa di bekukan.

4. Anbara

Bercirikan kering dan lunak, kurma Anbara berasal asli dari Arab Saudi. Salah satu kurma yang memiliki harga mahal. Hal ini dikarenakan kurma Anbara memiliki kelebihan dengan daging tebal dan berbiji kecil serta kaya akan protein.

5. Saghai

Kurma Saghai memiliki warna cokelat dan agak kuning dibagian ujungnya, kulitnya agak keriput. Dikenal merupakan kurma terenyah dari kurma lainnya. Berasal dari Arab Saudi banyak dibudidayakan di Riyadh dan menjadi makanan ringan terpopuler di sana.

6. Sukkari

Kurma sukkari memiliki danging lembut dan rasa yang sangat manis, kurma Sukkari memiliki khas bisa meleleh di mulut.

7. Khudri

Kurma khudri memiliki tekstur keriput, tekstur agak kering berwarna coklat gelap dan memiliki rasa yang manis. Walaupu terksturnya keriput, rasa kurma ini tetap nikmat.

8. Medjool

Kurma Medjool mengandung banyak air biasanya dikonsumsi saat masih segar. Terkenal mahal dan didistribusikan secara luas ke seluruh dunia. Kurma jenis ini sangat bergizi dan kaya akan energi, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium.

9. Kurma Sekki

Kurma sekkk berwarna kekuningan namun cenderung kecokelatan, bagian luar kurma sekki bertekstur keras. Tetapi dalamnya sangat lembut dan kenyal ketika di makan.

10. Kurma Zaghloul

Keunikan kurma Zaghloul adalah bentuknya yang mirip dengan mlinjo. Jenis buah Kurma ini banyak ditemukan di negara Mesir dikenal banyak mengandung gula dan harganya pun terbilang cukup mahal.

11. Safawi

Kurma Safawi memiliki daging yang tebal dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berwarna cokelat gelap hampir kehitaman dan sangat kenyal. Kurma ini memiliki serat makanan yang tinggi, membantu memperlancar sistem pencernaan dengan baik serta memiliki banyak vitamin dan banyak di kota Madinah.

Nah, inilah ulasan atau refensi dari rangkuman tim Banjarbaruklik, tentang jenis Kurma populer saat Bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *