Waspadai Kolesterol Tinggi: Kenali Tanda-tanda di Mata

Ilustrasi Mata Merah.(Foto : liputan6.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kolesterol tinggi adalah kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa memicu berbagai penyakit serius jika tidak ditangani dengan tepat. Kolesterol adalah asam lemak esensial yang diperlukan tubuh untuk fungsi yang baik, seperti pembentukan dinding sel, produksi hormon, dan vitamin D. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala khusus sehingga sering tidak terdeteksi sampai mencapai tingkat yang berbahaya. Namun, tubuh kadang-kadang memberikan tanda-tanda tertentu yang perlu diwaspadai, terutama pada mata. Berikut beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa muncul di mata:

Read More
  1. Xanthelasma Xanthelasma palpebrarum adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya bintik atau plak kuning di sekitar kelopak mata. Ini terjadi akibat tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Xanthelasma tidak bisa hilang dengan sendirinya dan biasanya memerlukan operasi kosmetik.
  2. Arcus Senilis Arcus senilis ditandai dengan munculnya cincin putih, biru, atau abu-abu di sekitar kornea mata akibat kelebihan lipid yang bocor ke area kornea. Meskipun tidak memengaruhi penglihatan, orang dengan kondisi ini sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh.
  3. Plak Hollenhorst Plak Hollenhorst terjadi ketika salah satu pembuluh darah di mata mengalami penyumbatan akibat plak, menghambat aliran darah ke mata. Kondisi ini biasanya tidak memiliki gejala khusus, tetapi bisa menyebabkan penglihatan buram atau kehilangan penglihatan sesaat pada salah satu mata.
  4. Oklusi Vena Retina Oklusi vena retina atau Retinal Vein Occlusion (RVO) adalah penyumbatan pada vena retina yang mengurangi kepekaan mata terhadap cahaya. Ini disebabkan oleh penumpukan plak di pembuluh vena mata, mengganggu suplai darah ke mata. Gejala RVO termasuk floaters, yaitu titik atau garis hitam pada penglihatan. Penyakit ini cenderung menyerang orang berusia di atas 50 tahun, terutama yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, glaukoma, dan pengerasan pembuluh darah.

Dengan mengenali tanda-tanda ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *