Waspada, Polisi Gadungan Tawarkan Jasa Pembuatan SIM

Waktu Baca : 2 menit

Read More

Banjarbaruklik – Penipu, Akun Facebook bernama Algi Syaputra ini menawarkan jasa pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) mengaku dinas di Polresta Banjarbaru, Senin (23/11).

Pelaku menjanjikan berbagai kemudahan dengan dipatok biaya sesuai dengan golongan SIM yang ingin dibuat oleh calon korbannya.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Doni Hadi melalui Kasubbag Humasnya, Iptu Tajudin Noor mengungkapkan bahwa akun tersebut sudah menipu beberapa orang yang rata-rata berasal dari luar kota.

Modus pelaku untuk meyakinkan calon korban pelaku mengirimkan foto Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian palsu yang mengaku berdinas di Polresta Banjarbaru.

Pelaku meminta korban untuk mengirimkan foto dan kartu identitas diri calon korban dengan alasan untuk proses pembuatan SIM.

Kemudian pelaku meminta calon korban untuk mengirim sejumlah uang dan meminta calon korban untuk datang ke Satpas SIM yang berada di KM 21 Kota Banjarbaru untuk menemui seseorang untuk mengambil SIM yang sudah jadi.

Setelah itu, saat calon korban tiba di Satpas Satpas SIM yang berada di KM 21 Kota Banjarbaru dan berusaha menghubungi pelaku namun nomor HP milik pelaku sudah tidak aktif lagi.

“Saat ini pihak Polres Banjarbaru bersama Polda Kalimantan Selatan sedang mendalami kasus ini,”jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarbaru, agar berhati-hati dengan orang beridentitas tersebut. 

“Waspada terhadap akun-akun media sosial yang menawarkan atau menjanjikan kemudahan sebagai upaya bujuk rayunya, hingga tanpa anda sadari telah jadi korban penipuan,”pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.