Wartono Jadi Inspektur Upacara di Lapangan dr Murdjani

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Wakil Walikota Banjarbaru Wartono SE menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan Hari Kebangkitan Nasional (KHN) ke 114 Kota Banjarbaru Tahun 2022 di Lapangan dr Murdjani, Jumat (20/5/2022).

Wakil Walikota Banjarbaru Wartono SE membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan HUT Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara Alri Divisi Pertahanan Kalimantan yang ke 73 ini, banyak mengandung pelajaran yang dapat diambil hikmahnya.

“Dimana peringatan ini juga menjadi momentum kita, dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia di zaman itu,” ucapnya.

Bertepatan dengan peringatan HKN Wartono juga membacakan sambutan Manteri Komunikasi dan Informatika bahwa tema KHN yang ke 114 tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja,” ujarnya.

Dimana historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

“Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa,” tambahnya.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

“Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan,” tuntasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.