Warga Kalsel Ingin Perpanjangan Masa Jabatan Paman Birin Hingga 5 Tahun

paman birin bersama masyarakat. (Foto : Alyub for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Masyarakat Kalimantan Selatan mengekspresikan keinginan agar masa jabatan Paman Birin, atau Gubernur Kalsel, tidak terbatas hanya pada 3,5 tahun, sebagaimana yang diatur oleh undang-undang hasil pemilihan kepala daerah pada tahun 2020.

Kendati undang-undang membatasi pemenang pilkada 2020, termasuk Paman Birin, untuk menjabat hingga akhir 2024, banyak warga merasa disayangkan bahwa pelayanan konstitusionalnya terhenti setelah kurang lebih 3,5 tahun.

Read More

Pendukung hak konstitusi Paman Birin untuk menyelesaikan masa jabatannya sesuai dengan periode lima tahun menyuarakan protes dan dukungan mereka.

Sebagai contoh, perkumpulan ibu-ibu warga Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, secara tegas menyatakan dukungan agar jabatan Paman Birin dikembalikan sesuai haknya.

Mereka menegaskan bahwa Paman Birin telah memberikan perhatian kepada masyarakat di perkampungan dan merasakan dampak positif dari kepemimpinannya.

Beberapa individu, seperti Noor Hidayat dan Jumbadi, menyampaikan kekecewaan mereka terhadap pembatasan jabatan Paman Birin selama 3,5 tahun. “Beliau juga sangat perhatian dengan kami warga di perkampungan,” ujar Dayat.

Mereka menyoroti kinerja positif Gubernur Kalsel yang merata dalam pembangunan, mendukung masyarakat di kampung-kampung, dan mencapai kemajuan signifikan di berbagai sektor.

“Kami mendukung karena selama Paman Birin memimpin alhamdulilah jalan sampai ke pelosok-pelosok bahkan sampai lahan pertanian sangat maju,” ungkapnya.

Sementara itu, Samsudin dan warga lainnya dari Awang Bangkal Timur turut mengungkapkan dukungan mereka terhadap hak Paman Birin menyelesaikan masa jabatan sesuai periode lima tahun, diharapkan melalui perubahan undang-undang yang mengatur batasan waktu kepemimpinan.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *