Wali Kota Aditya Banjarbaru dan Vivi Zubedi Komitmen Tingkatkan Kualitas Keluarga di Cempaka

H. M. Aditya Mufti Ariffin, bersama Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Hj. Vivi Mar’i Zubedi, bersama para pimpinan SKPD dan Stakeholder yang terkait.
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Untuk meningkatkan kualitas keluarga, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, bersama Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Hj. Vivi Mar’i Zubedi, serta para pimpinan SKPD dan pemangku kepentingan lainnya, berkomitmen untuk memperkuat ketahanan keluarga di Kelurahan Cempaka yang telah dipilih sebagai lokus.

Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Rencana Tindak Lanjut untuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Kelurahan Cempaka. Acara penandatanganan ini berlangsung dalam Rapat Koordinasi Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kota Banjarbaru dan TPK2D Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024 di Aula Gawi Sabarataan, Kamis (11/07/2024).

Read More

Dalam sambutannya, Wali Kota Aditya menyatakan bahwa semua indikator untuk meningkatkan kualitas keluarga di Kelurahan Cempaka dapat diatasi bersama-sama. Ia menegaskan bahwa banyak program yang sudah berjalan perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas keluarga.

“Kami memiliki program RT mandiri. Jika ada ibu-ibu yang selama enam bulan tidak memiliki pekerjaan atau bapak-bapak yang tidak memiliki pekerjaan, mereka dapat dibantu melalui program ini,” ujarnya.

Di bidang kesehatan, Aditya menyebutkan bahwa program home care dapat membantu, terutama untuk lansia dan penyandang disabilitas.

“Perawat dan dokter datang ke rumah, pengobatan juga diantar. Bagi lansia dan disabilitas yang tidak mampu, ada paket makanan dua kali sehari, sembako setiap bulan, serta insentif bulanan. Program ini sudah berjalan,” katanya.

Mengenai masalah narkoba, Aditya menjelaskan bahwa BNN selalu siap bekerja sama dengan Pemko Banjarbaru untuk mengatasi masalah narkoba di kota tersebut.

“Jika ada anak yang putus sekolah, kami memiliki program beasiswa. Bahkan untuk perguruan tinggi, kami sudah mengirimkan siswa ke dalam dan luar negeri. Kami juga bekerja sama dengan Jepang untuk program beasiswa, magang, dan bekerja di sana,” jelasnya.

Plt. Kepala DP3APMP2KB Kota Banjarbaru, Hj. Rahmah Khairita, menambahkan bahwa pembangunan nasional saat ini menekankan pentingnya penguatan ketahanan keluarga sebagai salah satu isu utama pemberdayaan perempuan dan anak.

“Upaya meningkatkan kualitas warga menjadi penting untuk mengatasi berbagai masalah yang menghambat pembangunan. Untuk mewujudkan indeks keluarga berkualitas, responsif gender, dan hak anak, dibentuklah tim peningkatan kualitas keluarga,” tutupnya.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *