Wakil Walikota Bagikan APD ke Dua Puskesmas di Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit
BAGIKAN APD – Wawali Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan membagikan APD kepada petugas medis di Puskesmas Banjarbaru Selatan, Jumat (3/4) siang.
Banjarbaruklik – Guna melakukan pencegahan dan penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kota Banjarbaru. Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, membagikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada petugas kesehatan.
“Hari ini kita membagikan APD kepada petugas kesehatan di dua  Puskesmas yang ada di Banjarbaru. Puskesmas Banjarbaru Selatan dan Puskesmas Guntung Payung,” ujarnya kepada Banjarbaruklik.
Dia mengakui, dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, tentu tidak mudah mendapatkan APD dan alat penunjang kesehatan lainnya, bagi petugas kesehatan. Karena kebutuhan ini sangat banyak termasuk di Kota Banjarbaru, sedangkan ketersediaan APD sudah sangat terbatas.
“Karena APD ini diperlukan oleh seluruh petugas kesehatan di Indonesia bahkan seluruh dunia. Jadi tentu perlu proses dan waktu, karena kami memesan cukup banyak. Terutama APD yang kami prioritaskan untuk petugas medis di RS dan Puskesmas di Kota Banjarbaru,” terangnya.
Bukan hanya APD lengkap saja yang dibagikan, selai itu juga dibagikan pelindung muka, masker surgical, masker mikro, penutup sepatu, penutup kepala, handscoon, dan Thermal gun.
“Selain APD juga tambahkan suplemen, vitamin serta susu bear brand untuk menjaga stamina dan kesehatan para petugas medis,” tambahnya
Untuk memenuhi kebutuhan ini selain pada supplier, pihaknya juga mengupayakan pola pemberdayaan dari potensi UMKM. Untuk diberdayakan membantu mencari bahan dan pembuatan APD. 
“Penyediaan APD juga bekerja sama dengan Fakultas MIPA prodi Farmasi, memproduksi hand sanitizer. Untuk kebutuhan medis yang nantinya juga akan diberikan kepada masyarakat,” tutupnya.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.