Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Angkat Bicara Soal Peternakan Babi, Soroti Regulasi dan Perizinan

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Wakil Ketua II DPRD Kota Banjarbaru, Napsiani Samandi, menyoroti masalah yang berkaitan dengan aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru. Legislator senior dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyatakan bahwa masalah tersebut sudah lama menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru.

Napsiani menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada regulasi khusus yang mengatur tentang aktivitas peternakan babi di Banjarbaru. Saat ini, aktivitas peternakan hanya diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), sehingga belum ada peraturan khusus yang mengatur secara detail tentang peternakan babi.

“Kami tidak ingin terburu-buru membuat aturan baru yang khusus mengatur tentang aktivitas peternakan babi,” ujar Napsiani. Menurutnya, masalah ini muncul karena banyaknya aktivitas peternakan yang tidak mengantongi izin alias ilegal. “Munculnya persoalan itu karena persyaratan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” jelas politisi PPP itu.

Meskipun demikian, Napsiani menegaskan bahwa ia tidak mempermasalahkan kegiatan peternakan itu sendiri. Yang menjadi perhatiannya adalah aspek perizinan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peternak. “Kalau perizinan itu lengkap artinya mereka tidak masalah,” tandasnya.

Dalam pernyataannya, Napsiani menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan yang ada untuk menghindari masalah di masa mendatang. Ia berharap Pemko Banjarbaru dapat segera menyusun regulasi yang lebih spesifik dan komprehensif untuk mengatur aktivitas peternakan babi, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan legal dan tertib.

Dengan adanya regulasi yang jelas, diharapkan aktivitas peternakan babi di Banjarbaru dapat dilakukan secara lebih teratur dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, menghindari potensi konflik dan permasalahan di kemudian hari.

4o

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *