Wafat dalam Kecelakaan Heli, Presiden Iran Dimakamkan 23 Mei di Kampung Halamannya

Presiden Iran, Ebrahim Raisi tewas kecelakaan helikopter jatuh pada Minggu 19 Mei 2024.(Foto : www.strategi.id)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Presiden Iran, mendiang Ebrahim Raisi, yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter, akan dimakamkan pada Kamis (23/5) di kota Mashhad, timur laut Iran. Mashhad merupakan kampung halaman almarhum Raisi.

Pengumuman ini disampaikan oleh Wakil Presiden Iran untuk Urusan Eksekutif, Mohsen Mansouri, pada Senin (20/5). “Seremoni pemakaman Ayatollah Raisi akan dilaksanakan pada Kamis (23/5) malam di mausoleum Imam Reza,” ucap Mansouri, seperti disiarkan IRIB TV.

Read More

Mausoleum Imam Reza, yang terletak di Mashhad, adalah pusat ziarah dan salah satu tempat suci utama bagi umat Syiah. Selain itu, Mashhad juga merupakan kampung halaman mendiang Raisi.

Mansouri, yang juga ditunjuk sebagai ketua komite penyelenggara pemakaman korban kecelakaan helikopter kepresidenan Iran, menjelaskan bahwa jenazah para korban akan dibawa ke Teheran. “Pada Selasa (21/5) malam, seremoni perpisahan untuk para martir akan digelar di masjid Teheran,” tambahnya.

Dalam tradisi Iran, mereka yang meninggal karena alasan keadilan, termasuk dalam perang dan bencana, dianggap sebagai martir. Pemakaman untuk para pejabat Iran lainnya yang juga tewas dalam kecelakaan tersebut akan diadakan secara terpisah di kota Qom, dekat Teheran, kemudian di Tabriz dan di salah satu kota di Provinsi Khorasan Selatan.

Kecelakaan helikopter tragis itu terjadi pada Minggu (19/5), ketika Raisi dan rombongannya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, baru kembali dari acara pembukaan proyek bendungan yang dibangun bersama pemerintah Azerbaijan. Helikopter yang membawa sembilan orang tersebut jatuh di tengah cuaca buruk di area pegunungan barat laut Iran.

Setelah operasi pencarian selama 18 jam yang terhambat kabut tebal, hujan, dan medan terjal, petugas pencarian dan penyelamatan menemukan lokasi jatuhnya helikopter di area hutan lebat di Dizmar, Provinsi Azerbaijan Timur, pada Senin (20/5) pagi. Kesembilan jenazah ditemukan di lokasi kecelakaan dengan kondisi masih bisa dikenali meskipun mengalami luka bakar.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah mengumumkan masa berkabung nasional selama lima hari dan mengangkat Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber sebagai Presiden interim. Pemilihan presiden lebih dini juga telah dijadwalkan pada 28 Juni mendatang.

Sementara itu, kepala staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, memerintahkan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan helikopter tersebut. Delegasi tingkat tinggi, yang dipimpin oleh Brigadir Ali Abdollahi, telah ditugaskan untuk menyelidiki insiden mematikan ini secara menyeluruh.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *