Volume Sampah di Kota Banjarbaru Turun Drastis

Waktu Baca : 2 menit
Kota Banjarbaru yang alami penurunan sekitar 20 ton per harinya.

Banjarbaruklik – Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini berdampak pada jumlah sampah di Kota Banjarbaru yang alami penurunan sekitar 20 ton per harinya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni melalui Kasi Pengolahan Sampah dan Pengelolaan Libah B3 M.Hafid mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 volume sampah di Banjarbaru mencapai 130 ton sampai 135 ton per harinya.

Namun, di tengah pandemi Covid-19, volume sampah itu menurun menjadi 112 ton smpai 115 ton per harinya.

Anjuran bekerja dari rumah (work from home) dari pemerintah kepada perkantoran dan sekolah pun libur yang menjadi pemicu penurunan volume sampah.

Hafid mengungkapkan penyebab penurunan kemungkinan juga akibat aktivitas masyarakat yang berkurang saat wabah yang terjadi saat ini seperti jumlah sampah pasar,  sampah rumah makan, sampah hotel dan lainnya mengalami penurunan.

Meskipun pandemi Covid-19 di Kota Banjarbaru terus mewabah, namun pihaknya tetap akan melayani masyarakat secara maksimal dalam menangani sampah.

“Tim-tim di lapangan masih bertugas seperti biasa mengangkut sampah di lapangan, dan bagian tertentu dilakukan sift kerja,” jelasnya.

“Untuk pekerja pengangkutan sampah berjalan seperti biasa tetapi ada kebijakan dari pimpinan untuk meliburkan petugas yang berumur 50 tahun ke atas karena alasan kesehatan,” tambahnya

Hafid menerangkan sebagian dari mereka enggan untuk libur karena bingung tidak ada kerjaan dirumah. Dan untuk pekerjaan memilah sampah sementara dihentikan karena pekerjaan tersebut kontak langsung dengan sampah.

“Petugas pemilah sampah sudah dihentikan pada bulan Maret. Belum ada kepastian kapan pekerjaan memilah sampah akan berjalan lagi, menunggu pandemi Covid-19 berakhir baru kami laksanakan lagi,” tutupnya. (adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *