Viral! Slogan ‘All Eyes on Rafah’ Membanjiri Media Sosial Setelah Serangan Israel

Template All Eyes on Rafah di Medsos.(Foto : jawapos.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Media sosial diramaikan oleh beragam postingan dengan slogan ‘All Eyes on Rafah’. Banyak publik figur juga turut membagikan slogan ini di akun mereka. Gelombang postingan ini viral setelah serangan mematikan oleh Israel ke Rafah pada Minggu (26/5), yang dilaporkan menargetkan kelompok Hamas.

Selain memuat slogan ‘All Eyes on Rafah’, postingan tersebut menampilkan gambar tenda-tenda pengungsian yang disusun hingga membentuk slogan tersebut. Lalu, apa sebenarnya makna dari ‘All Eyes on Rafah’?

Read More

Makna ‘All Eyes on Rafah’

Secara harfiah, slogan ini berarti ‘Semua mata tertuju pada Rafah’. Tujuannya adalah mengajak masyarakat dunia untuk memberikan perhatian pada situasi di Rafah. Slogan ini pertama kali muncul pada Februari lalu, menjelang serangan Israel ke Rafah, dan bertujuan agar masyarakat internasional tidak mengabaikan krisis yang terjadi di sana.

Slogan ini juga merupakan seruan untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan mendesak pihak-pihak yang berwenang untuk mencapai gencatan senjata.

Dampak Serangan

Serangan Israel pada Minggu (26/5) mengakibatkan kebakaran tenda-tenda pengungsian dan menelan banyak korban. Berdasarkan laporan AFP, sebanyak 50 orang tewas dan 249 luka-luka. Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel, menyatakan bahwa Rafah merupakan benteng terakhir Hamas.

Viral di Media Sosial

Slogan ‘All Eyes on Rafah’ kini tersebar luas di berbagai platform media sosial seperti Instagram, X, Facebook, dan TikTok. Di TikTok, terdapat 195 ribu postingan dengan tagar #AllEyesOnRafah yang telah ditonton jutaan kali. Di Instagram, terdapat 100 ribu postingan tentang ‘All Eyes on Rafah’.

Selebriti dan tokoh terkenal yang turut membagikan slogan ini antara lain aktor India seperti Varun Dhawan, Aly Goni, Samantha Ruth Prabhu, dan Tripti Dimri, serta selebriti Hollywood seperti Bella Hadid, Travis Head, Leigh-Anne Pinnock, Saoirse-Monica Jackson, dan Susan Sarandon.

Letak Strategis Rafah

Rafah adalah kota kuno di Gaza yang berbatasan dengan Mesir dan Israel. Dengan luas sekitar 60 kilometer persegi, populasi Rafah mencapai 1,5 juta orang per Februari 2024 menurut Associated Press. Kota ini merupakan gerbang menuju Sinai Utara dari Mesir dan menghubungkan Mesir dengan Levant, mencakup Palestina, Israel, Lebanon, Suriah, dan Yordania.

Sejak awal serangan Israel, sekitar 1,4 juta orang berlindung di Rafah setelah melarikan diri dari pertempuran di Gaza. Serangan Israel terus berlanjut meskipun terdapat banyak penduduk sipil di daerah tersebut.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *