Verifikasi Lapangan Lomba Dasa Wisma Tingkat Kalsel

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan didampingi Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Syarifah Mariatul Qiftiah Said Abdullah saat menghadiri Verifikasi Lapangan Lomba Dasa Wisma Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kelurahan Loktabat Selatan. Bertempat di Aula Kelurahan Loktabat Selatan. Tampak TP PKK Provinsi Kalimantan, Camat Banjarbaru Selatan, Lurah Kelurahan Loktabat Selatan, LPM, Ketua TP PKK se Kecamatan Banjarbaru Selatan dan undangan lainnya.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa sebagai gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya, eksistensi pkk sangat terasa di masyarakat. Apalagi kader-kadernya tersebar diseluruh lapisan masyarakat, mulai dari tingkat dasa wisma RT, Kelurahan, Kecamatan dan Kota. Peranan Sumber Daya Manusia dalam pembangunan juga sangatlah penting. Untuk itu, pembangunan dari sumber daya manusia ini hendaklah dimulai dari unit yang terkecil, yaitu keluarga.

Read More

Dimana keluarga sebagai unit terkecil di dalam masyarakat, perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial, melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga secara baik dan optimal. Dari keluargalah dimulai semuanya. Mulai dari pendidikan, pelatihan keterampilan, sampai kepada pembinaan mental dan spritual untuk anak-anak. Seperti yang kita ketahui, di dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga ada 10 program pokok PKK. Di dalam PKK ini, ada kelompok yang harus kita bentuk yang dapat dijadikan ujung tombak yang dapat mendukung dan membantu kelancaran jalannya program-program pokok PKK. Kelompok itu adalah Dasa wisma, Kelompok dasa wisma sendiri adalah kelompok yang berada dibawah Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan yang dapat dibentuk berdasarkan kewilayahan, kelompok dasa wisma adalah kelompok yang terdiridari 10 – 20 rumah tangga atau sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat dalam saturt.

Kelompok dasa wisma memiliki banyak manfaat diberbagai sektor baik dibidang pemerintahan maupun pembangunan. Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok pkk memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera.

Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Banjarbaru kepada tim verifikasi, yang telah hadir. Kota Banjarbaru diwakili oleh dasa wisma jeruk pada lomba dasawisma Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 ini. Kelompok dasawisma jeruk terletak di RT 01 RW 04 Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan yang mana telah aktif melaksanakan kegiatan sejak tahun 2000, namun baru dibentuk dengan surat keputusan Lurah Loktabat Selatan pada tahun 2010. Kelompok dasa wisma pada RT 01 RW 04 berjumlah 10 (sepuluh) kelompok dasa wisma yang terdiri dari kelompok dasa wisma jeruk I sampai dengan dasa wisma jeruk X. Untuk mempermudah ruang gerak PKK, di Kelurahan Loktabat Selatan telah terbentuk 139 (seratus tiga puluh sembilan) kelompok dasawisma.

Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan juga mengucapkan selamat kepada kelompok dasa wisma jeruk Kelurahan Loktabat Selatan. Semoga dalam lomba ini dasa wisma jeruk dapat meraih prestasi terbaiknya.dan dapat menjadi contoh untuk kelompok dasa wisma lainnya di kota Banjarbaru. Dan kedepannya diharapkan kelompok dasa wisma di Kota Banjarbaru dapat terus meningkatkan peran kelompok dasa wisma untuk terus membina kerukunan warga, mempererat persatuan dan kesatuan, membiasakan diri untuk saling peduli, merubah pola pikir warga dari pasif menjadi aktif, dan memberdayakan masyarakat untuk mendukung setiap program pemerintah.

Pada kesempatan itu Verifikasi Lapangan Lomba Dasa Wisma Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan langsung meninjau dan melihat ke lokasi dasa wisma.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.