Usulan Gapura dan PJU Disampaikan Warga Ulin pada Wali Kota Banjarbaru

Pertemuan warga Laura dengan Wali Kota Banjarbaru. (Foto : Ahdalena/Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, didampingi oleh Anggota DPRD Kota Banjarbaru dari Partai Kebangkitan Bangsa, Sukardi, Camat Liang Anggang, Taufik, serta beberapa Lurah, melakukan silaturahmi dengan warga dan anggota Karang Taruna Tunas Muda Landasan Ulin Utara pada Selasa (4/6/2024) malam.

Pertemuan yang berlangsung di Aula Kampung Baru RT 4 RW 2 ini dihadiri oleh puluhan anggota karang taruna dan warga dari beberapa RT. Berbagai isu penting terkait pembangunan wilayah menjadi topik utama diskusi.

Read More

Ketua Karang Taruna Tunas Muda, Eko Winarto, menyampaikan keberhasilan program RT Mandiri yang diterapkan di wilayah mereka, terutama dalam budidaya belut.

“Alhamdulillah, budidaya belut yang selama ini dijalankan sudah membuahkan hasil, meskipun masih ada beberapa kendala,” ujarnya.

Selain itu, Eko juga menambahkan bahwa Karang Taruna di Kampung Babru RT 04 RW 02 telah mengembangkan lahan edukasi tani.

“Kami membuka lahan edukasi tani atau sekolah rakyat yang menggambarkan miniatur Kampung. Di sini, masyarakat bisa melihat langsung pertanian dengan lahan hijau sayur-mayurnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suko Edi, warga RT 02 RW 01 Caraka Jaya, mengusulkan pembuatan gapura di Jalan masuk Caraka Jaya.

“Kami berharap ada gapura di jalan masuk Caraka Jaya, terutama untuk memudahkan identifikasi saat perayaan 17-an karena daerah lain seperti Sriwijaya, Timbang Rasa, Sukamaju, dan Sukamara sudah memiliki gapura,” katanya.

Selain itu, ia juga mengeluhkan kurangnya PJU (Penerangan Jalan Umum) yang membuat jalan rawan bagi warga yang melintas.

Menanggapi keluhan warga, Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin, memberikan respons positif. Ia menyatakan bahwa masalah budidaya belut dapat disampaikan kepada pihak Kelurahan, Kecamatan, atau dinas terkait.

“Program RT Mandiri ini harus dikelola dengan baik dan dapat membawa keberkahan untuk masyarakat. Jika ada kendala dalam budidaya belut, seperti masalah pengolahan air dan pakan, silakan disampaikan,” ujarnya.

Aditya juga mengarahkan agar Karang Taruna melakukan konsultasi dengan dinas terkait, termasuk dalam pemilihan bibit belut yang berkualitas.

“Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dinas terkait. Insya Allah akan ada pendampingan dari penyuluh dan pemantauan dari Camat serta Lurah,” tambahnya.

Terkait pembuatan gapura dan PJU di Jalan Caraka, Wali Kota berjanji akan membantu. “Gapura yang belum ada akan saya bantu. Silakan buat surat permohonannya dan pastikan jarak antara gapura dengan jalan diperlebar,” jelasnya.

Selain itu, Wali Kota juga menerima berbagai keluhan dari warga terkait bantuan pendidikan, penyandang disabilitas, dan persoalan lain.

Ia mengarahkan dinas terkait untuk turun ke lapangan, melakukan pendataan, dan meninjau permintaan masyarakat, termasuk masalah drainase jalan dan lainnya.

Pertemuan tersebut menegaskan komitmen pemerintah kota Banjarbaru dalam mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan serta usulan masyarakat demi kemajuan bersama.

Reporter : Andalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *