Uji Coba Rute Angkutan Perkotaan dan Feeder di Banjarbaru

Uji Coba Rute Angkutan Perkotaan dan Feeder di Banjarbaru. (Foto : Diskominfo Banjarbaru for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru menggelar uji coba rute angkutan perkotaan dan angkutan pengumpan (feeder) mulai hari ini hingga 20 Mei 2024.

Uji coba ini diadakan untuk mengoptimalkan layanan angkutan umum di Banjarbaru, memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat, dan meningkatkan efisiensi dalam sistem transportasi perkotaan.

Read More

Seiring dengan status Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, penting bagi kota yang dikenal sebagai “Kota Idaman” ini untuk memiliki jaringan angkutan umum yang efisien dan dapat diandalkan.

Uji coba ini bertujuan menghubungkan berbagai pusat keramaian, kawasan perumahan, dan kawasan industri, sehingga mobilitas warga menjadi lebih mudah.

Dalam tahap uji coba, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, di bawah pimpinan Muhammad Mirhansyah, menurunkan enam unit armada yang terdiri dari bus dan minibus.

“Dari hasil uji coba ini, kita akan mengevaluasi apakah trayek-trayek ini perlu diubah, disesuaikan, atau dipecah kembali. Standar armada akan disesuaikan dengan kondisi jalan besar dan kecil. Setiap uji coba ini, beban operasional per kilometernya juga akan diperhitungkan,” ujar Mirhansyah.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan masyarakat sangat penting untuk kelancaran uji coba ini. “Kami mohon dukungan kepada masyarakat. Untuk uji coba ini, silakan bagi masyarakat yang ingin mencoba sesuai dengan rute yang diinginkan. Kami persilakan,” katanya.

Uji coba ini mencakup sembilan trayek strategis di Banjarbaru. Rute Koridor A dimulai dari Terminal Simpang 4 Banjarbaru, melewati Jalan Panglima Batur, Jalan Karang Anyar, Bandara Syamsudin Noor, Lingkar Utara, dan Masjid Jami Hidayatul Akbar.

Sementara Rute Koridor B menghubungkan Terminal Simpang 4 Banjarbaru dengan Jalan Trikora, kawasan LIK, Liang Anggang, dan Halte Kota Citra Graha.

Rute Koridor C meliputi Terminal Simpang 4 Banjarbaru, Jalan H Mistar Cokrokusumo, dan Jalan SMPN 12 Banjarbaru.

Rute Koridor D menghubungkan Terminal Simpang 4 Banjarbaru dengan Pool Armada (UPT PPKB), Jalan Palam Raya, Amanah Borneo Park, dan Jalan Taruna.

Selain itu, terdapat lima rute angkutan pengumpan (feeder) yang diujicoba. Rute pertama meliputi Terminal Simpang Empat, Jalan PM. Noor, dan kembali ke Terminal Simpang Empat.

Rute kedua dimulai dari Halte Idaman, melewati UNISKA, Kampung Pelangi, dan Jalan Ahmad Yani. Tiga rute feeder lainnya menghubungkan berbagai lokasi penting seperti SMKN 1 Banjarbaru, Pasar Bauntung, dan Jalan Golf.

Dengan adanya uji coba ini, Pemerintah Kota Banjarbaru berharap dapat membangun sistem transportasi yang lebih baik, mengurangi kemacetan, dan mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan angkutan umum.

Uji coba ini juga akan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam mengoptimalkan transportasi di Banjarbaru.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *