Turunkan Berat Badan di Pagi Hari, Simak Lima Tips Efektif

Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan pagi untuk bantu turunkan berat badan.(Foto : cnnindonesia.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang, baik pria maupun wanita. Untuk mencapai tujuan ini, banyak orang yang mencoba berbagai metode, mulai dari diet yang aman hingga diet ketat yang bisa berisiko bagi kesehatan. Padahal, ada beberapa kebiasaan pagi sederhana yang bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif dan aman. Berikut ini adalah rutinitas pagi yang direkomendasikan oleh Healthline untuk membantu mencapai berat badan ideal:

1. Sarapan dengan Makanan Berprotein Tinggi

Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting. Makanan tinggi protein saat sarapan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan hingga siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein dapat menurunkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar, lebih efektif dibanding sarapan tinggi karbohidrat. Contoh makanan tinggi protein yang baik untuk sarapan antara lain telur, kacang-kacangan, biji chia, dan keju cottage.

Read More

2. Minum Banyak Air Putih

Mulailah pagi Anda dengan meminum satu atau dua gelas air putih. Air putih dapat meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum 500 ml air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan sebesar 13 persen.

3. Menimbang Berat Badan

Menimbang berat badan setiap pagi bisa menjadi cara yang efektif untuk memotivasi diri dan mengendalikan kemajuan penurunan berat badan. Kebiasaan ini juga dapat menumbuhkan perilaku sehat lainnya. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur dan sebelum makan atau minum apapun.

4. Berjemur dengan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari di pagi hari bisa membantu dalam upaya menurunkan berat badan. Sinar matahari membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang cukup, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Cobalah untuk mendapatkan sinar matahari selama 10-15 menit setiap pagi dengan membuka tirai atau berjalan-jalan di luar.

5. Memilih Transportasi Umum atau Bersepeda ke Tempat Kerja

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum memiliki risiko lebih rendah untuk menambah berat badan dibanding mereka yang bepergian dengan mobil pribadi. Aktivitas fisik seperti bersepeda atau berjalan kaki juga dikaitkan dengan indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah.

Mengintegrasikan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dalam rutinitas pagi Anda dapat memberikan dampak signifikan pada upaya penurunan berat badan. Selain aman, kebiasaan ini juga membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *