Tujuh Sayuran Ampuh untuk Bantu Hilangkan Lemak Perut

Ilustrasi Wortel.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Mengadopsi pola makan sehat saja tidak cukup untuk menghilangkan lemak perut. Jenis makanan yang kita konsumsi bisa memberikan efek berbeda dalam proses penurunan berat badan. Beberapa sayuran, misalnya, dapat memberikan dorongan ekstra dalam pembakaran lemak. Menambahkan sayuran ini ke menu sehari-hari bisa membantu Anda mencapai tubuh ideal.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran kaya nutrisi yang sangat baik untuk diet penurunan lemak perut. Rendah kalori dan tinggi serat, bayam membantu meningkatkan rasa kenyang. Penelitian dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa tilakoid dalam bayam dapat mengurangi rasa lapar hingga 95 persen. Magnesium dalam bayam juga membantu mengatur kadar gula darah, yang penting dalam pengelolaan berat badan.

Read More

2. Labu Botol

Labu botol terkenal karena kandungan kalori rendah dan air yang tinggi. Studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition menyatakan bahwa kandungan air dan serat dalam labu botol dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

3. Kembang Kol

Kembang kol rendah kalori dan tinggi serat, membantu mengurangi lemak perut. Senyawa indole dalam kembang kol terbukti mengatur hormon lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Studi di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa asupan sayuran seperti kembang kol berkaitan dengan lemak visceral yang lebih rendah.

4. Wortel

Wortel tidak hanya baik untuk penglihatan, tetapi juga membantu mengecilkan lingkar pinggang. Rendah kalori, tinggi serat, serta kaya vitamin dan antioksidan. Studi di jurnal Nutrition menemukan bahwa konsumsi sayuran berserat tinggi seperti wortel dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori.

5. Pare

Pare dikenal karena rasanya yang pahit, namun efektif dalam menurunkan berat badan. Pare mengandung senyawa yang membantu mengatur insulin, menjadikannya pilihan tepat untuk mengelola kadar gula darah dan mengurangi lemak perut.

6. Timun

Kandungan air tinggi pada timun tidak hanya menyegarkan tetapi juga efektif mengurangi lemak perut. Penelitian di Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa diet tinggi makanan kaya air, seperti timun, memiliki dampak signifikan pada pengelolaan berat badan.

7. Brokoli

Brokoli adalah sayuran padat nutrisi yang membantu menghilangkan lemak perut. Kaya serat dan mengandung senyawa yang meningkatkan pembakaran lemak. Penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa konsumsi brokoli dapat menurunkan lemak visceral, lemak yang tersimpan di sekitar perut.

Menambahkan sayuran ini ke dalam menu harian Anda dapat memberikan manfaat besar dalam upaya menghilangkan lemak perut dan mencapai tubuh yang lebih sehat.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *