Tips Mudah Maksimalkan Sirkulasi Udara di Rumah

Ilustrasi rumah.(Foto : aseranishi.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang optimal. Sirkulasi yang baik memastikan udara di dalam rumah kaya akan oksigen, sehingga rumah terasa lebih segar dan sejuk. Sebaliknya, rumah dengan sirkulasi udara yang buruk akan terasa pengap dan dapat mengganggu aktivitas, mulai dari kualitas tidur yang menurun hingga potensi gangguan kesehatan.

Bagaimana cara memaksimalkan sirkulasi udara di rumah? Simak tips berikut ini.

Read More

Tips Meningkatkan Sirkulasi Udara di Rumah

1. Buka Jendela Secara Berkala
Cara termudah untuk meningkatkan sirkulasi udara adalah dengan membuka jendela agar udara segar bisa masuk. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa kualitas udara di luar rumah, terutama jika tinggal di area dengan polusi tinggi.

2. Gunakan Air Conditioner (AC)
Mengoperasikan AC adalah cara efektif untuk meningkatkan aliran udara. Pastikan untuk mengganti filter AC secara rutin setiap bulan agar debu dan polutan tidak masuk ke dalam rumah.

3. Nyalakan Kipas Angin
Menurut Glory Dolphin, ahli kualitas udara, menyalakan kipas langit-langit atau kipas kotak dapat membantu memperlancar sirkulasi udara di ruangan. Selain memberikan efek pendinginan, kipas angin juga membantu mengatasi pengap.

4. Manfaatkan Kipas Kamar Mandi dan Dapur
Kipas penghisap udara di kamar mandi dan dapur tidak hanya menghilangkan kelembapan, tetapi juga menciptakan tekanan negatif yang membantu udara segar masuk ke dalam rumah. Tetap gunakan air purifier jika khawatir akan polusi.

5. Terapkan Teknik Tekanan Negatif
Glory Dolphin merekomendasikan untuk memanaskan satu ruangan dengan pintu tertutup pada suatu hari, kemudian membuka jendela keesokan harinya. Teknik ini membantu mengeluarkan udara yang sudah ‘basi’ dan memasukkan udara segar.

6. Gunakan Air Purifier dengan Filter HEPA
Air purifier dengan filter HEPA dapat menyaring polutan dan alergen dari udara. Pilih pemurni udara yang sesuai dengan kebutuhan rumahmu untuk hasil terbaik.

Dengan menerapkan tips di atas, sirkulasi udara di rumah akan meningkat, membuatnya lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Semoga bermanfaat!

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *