Tips Mencegah Pneumonia: Saran dari Spesialis Paru RSD Idaman Banjarbaru

Waktu Baca : < 1 menit

Banjarbaruklik – Radang paru-paru atau pneumonia merupakan peradangan pada parenkim paru yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas pada pasien. Penyakit ini umumnya menyerang bayi dan anak-anak, namun orang dewasa juga berisiko terkena. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia berkontribusi terhadap 15 persen kematian anak-anak balita di seluruh dunia.

Untuk mencegah pneumonia, Spesialis Paru Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru, dr. Umi Fatma Octavia, membagikan beberapa tips penting:

Read More
  1. Vaksinasi Pastikan pasien menerima vaksin pneumonia dan vaksin flu sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh dokter.
  2. Terapkan Kebersihan Menjaga kebersihan adalah langkah penting dalam mencegah berbagai penyakit. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan dan setelah bersin.
  3. Hindari Merokok Usahakan untuk tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok. Merokok dapat merusak paru-paru dan meningkatkan risiko pneumonia.
  4. Hidup Sehat Hidup sehat dimulai dengan pola hidup sehari-hari yang baik. Olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan tidur tepat waktu adalah kunci utama untuk mencapai hidup sehat.
  5. Perhatikan Kebersihan Lingkungan Selain menjaga kebersihan diri, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Hindari paparan polusi udara dan bahan kimia beracun yang dapat merusak paru-paru.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan risiko terkena pneumonia dapat diminimalisir, sehingga kesehatan paru-paru dan kesejahteraan secara keseluruhan dapat terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *