Tips Memilih Kurma yang Asli

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Kurma menjadi semakin banyak diburu karena buah ini disunahkan untuk dimakan saat membatalkan puasa Ramadhan. Ketika membeli buah khas Timur Tengah ini, kalian perlu tahu cara memilih kurma yang asli.

Anda perlu lebih berhati-hati saat membelinya, pasalnya tidak sedikit kurma yang dijual tersebut tidak asli. Lantas, bagaimana cara membedakan buah kurma asli dan palsu? Simak penjelasan yang dilansir Suara.com

Read More

Cara memilih kurma yang asli

Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut pada kurma yang Anda pilih untuk memastikan keasliannya.

1. Warna kurma

Perlu Anda tahu bahwa terdapat berbagai jenis kurma dengan warna khasnya masing-masing. Mulai dari kuning, cokelat kehitaman, hingga kuning. Semua warna tersebut tentu sama baiknya.

Oleh karena itu, untuk membedakan kurma asli dari warnanya adalah dengan mlihat apakah warna tersebut rata pada seluruh bagian daging. Jika Anda menemukan perbedaan warna signifikan pada setiap bagian warna sebaiknya carilah kurma lain.

2. Penampilan

Cara paling mudah untuk memilih kurma yang asli adalah dengan melihat penampilannya. Pada kurma kering, Anda tetap akan merasakan permukaan yang sedikit basah karena kandungan gula di dalamnya. Namun, ini biasanya tidak terasa lengket.

Jika kulit kurma terasa lengket atau mengeras, kemungkinan besar rasa manis pada kurma berasal dari pemanis buatan.

Selain itu, hindari kulit kurma yang memiliki banyak kerutan karena ini menandakan bahwa buah tersebut sudah disimpan cukup lama.

3. Keberadaan semut

Jika Anda mengira bahwa adanya semut menandakan bahwa kurma tersebut asli, maka selama ini Anda memiliki pemikiran yang salah.

Kurma asli justru tidak akan dikerubungi semut karena rasa manisnya berasal dari dalam daging. Apabila ada banyak semut yang mengerubungi kurma, kemungkinan besar kurma tersebut telah diberi pemanis buatan.

4. Ukuran

Kurma umumnya memiliki ukuran sebesar setengah ibu jari orang dewasa atau sekitar 7,1 gram. Oleh karena itu, Anda sebaiknya juga tidak makan kurma terlalu banyak karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

Jumlah kurma yang disarankan pada setiap kali berbuka adalah berjumlah ganjil. Maka Anda cukup makan 3–5 buah. Dengan begitu, kebutuhan gula harian Anda sebesar 40 gr akan terpenuhi.

5. Kemasan

Jika Anda ingin membeli kurma dari pedagang, usahakan untuk memeriksa bahwa kemasan yang digunakan masih dalam kondisi yang baik. Selain itu, usahakan untuk tidak membeli kurma yang dibiarkan di tempat terbuka. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa kurma.

6. Harga

Jika Anda ingin membeli jenis kurma tertentu seperti ajwa, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pasalnya seperti yang kita tahu, ajwa merupakan salah satu jenis kurma yang mahal.

Harga pasaran kurma ajwa bisa mencapai Rp450.000-Rp750.000 per kilonya. Maka jika Anda melihat pedagang yang menjual jauh dari harga tersebut, coba pikirkan kembali.

Itulah beberapa cara memilih kurma yang asli dan dapat anda jadikan pedoman ketika membeli.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *