Tim Konsultan Pengembangan Tahura Sultan Adam Dari PT. Shafwah Holiday Ekspose Akhir Draf Rencananya Di Depan Pejabat Dishut Kalsel Dan Tahura SA

Waktu Baca : 3 menit
Banjarbaruklik – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Bersama Tahura Sultan Adam mendengarkan Expose akhir yang disampaikan oleh Tim Konsultan dari PT. Shafwah Holiday sebagai perencana arsitektur pengembangan objek di Destinasi Wisata Tahura Sultan Adam dan Bukit Batu Tahura Sultan Adam. Ekspose dilaksanakan di Aula Rimbawan 3 Dishut Kalsel, Kamis pagi (6/4).
Ekspose tersebut dipimpin oleh Kabid Planalogi dan Pengelolaan Hutan (PPH) Dishut Kalsel Rolena Kinawati, dihadiri pejabat Esselon 3 & 4 lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dan Tahura Sultan Adam, serta Tim Konsultan dari PT Shafwah Holiday.
Dalam kesempatannya Rolena Kinawati mempersilahkan tim konsultan dari PT. Shafwah Holiday untuk memaparkan draf rencana pengembangan objek wisata di kawasan Tahura Sultan Adam.
“Pertemuan kesekian kalinya ini kita harapkan dapat memantapkan rencana kita dalam hal pengembangan Tahura Sultan Adam”, kata Rolena Kinawati.
Ekspose dilanjutkan oleh Aan perwakilan dari tim konsultan PT. Shafwah Holiday untuk memaparkan Draf Rencana Pengembangan Destinasi Wisata Tahura Sultan Adam dan Bukit Batu Tahura Sultan Adam yang memuat rencana lokasi dan penambahan Sarana Prasarana (Sarpras) dikawasan objek wisata Tahura Sultan Adam yang diantaranya rencana pembangunan Foodcourt dan Cafe Tahura SA, Stage band ,Lokasi Game Paintball Arena, Glamping Tahura SA, Outbond Arena (panjat jaring, terowongan, lompat ban, jalan ayun, Merayap, Jaring laba-laba, Jembatan titian, Jembatan zig-zag), Toilet. Direncanakan juga penambahan Sarpras di Bukit Batu Tahura SA yang diantaranya rencana pembangunan Wahana Wisata Air (Jetsky dan Sepeda Air), Camping Ground Bukit Batu (gate camping ground, camping set, cafe bar,) dan penambahan toilet. Selain itu, dipaparkan juga draf rencana perjanjian kerjasama PT. Shafwah Holiday bersama Tahura Sultan Adam dalam ekspose tersebut.
Sementara Kepala Tahura Sultan Adam Ainun Jariah, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa rencana pengembangan dengan penambahan sarpras diobjek wisata Tahura Sultan Adam tersebut sudah melewati beberapa tahapan ekspose dan cek lokasi dan tinggal menunggu persetujuan dari ibu kepala Dinas Kehutanan Kalsel untuk menyetujui rencana pengembangan kawasan Tahura Sultan Adam tersebut.
“Harapan pihak Tahura Sultan Adam dan PT Shafwah Holiday direncanakan sebelumnya pada bulan April 2023 ini kita sudah melaksanakan penandatanganan Kerjasama dan pada bulan Mei 2023 direncanakan PT. Shafwah Holiday sudah siap melaksanakan pembangunan-pembangunan fisik dikawasan objek wisata Tahura Sultan Adam, namun kita tetap akan menunggu keputusan/arahan dari Kadishut Kalsel untuk langkah selanjutnya nanti”, Kata Ainun Jariah.
Dalam acara tersebut juga diadakan kegiatan tanya jawab oleh peserta dan tim penyusun draf rencana pembangunan Tahura Sultan Adam dari PT. Shafwah Holiday untuk menambahkan kritik dan saran serta memperluas informasi dalam rencana pembangunan Sarpras/pengembangan Destinasi Wisata di Tahura Sultan Adam dan Bukit Batu Tahura Sultan Adam.
Setelah ekspose draf rencana pengembangan dan pembangunan Sarpras di Kawasan objek wisata Tahura Sutan Adam, para peserta melanjutkan dengan kegiatan pembahasan kajian kelayakan Pulau Bekantan di Tiwingan Baru Aranio yang juga masih berada dalam Kawasan hutan konservasi Tahura Sultan Adam. Pembahasan kajian tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dan dalam rangka mengembangkan kawasan pulau bekantan tersebut menjadi tempat rehabilitasi yang nyaman untuk satwa monyet bekantan yang statusnya merupakan hewan dilindungi dan merupakan hewan endemik di Kalimantan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *