Tidak Kantongi Izin Usaha dan Langgar Prokes, RM Tudung Saji Ditutup

Tidak Kantongi Izin Usaha dan Langgar Prokes, RM Tudung Saji Ditutup
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Pasca beredarnya video yang melanggar aturan Pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19, Tim Virtual Police Polres Banjarbaru yang berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Banjarbaru dan Satpol PP Kota Banjarbaru sepakat menutup Ruang Saji Creative Space di Areal Rumah Makan (RM) Tudung Saji sejak kemarin, (5/7/2021).

Dalam video tersebut memperlihatkan kerumunan dan sebagian besar tidak menggunakan masker beredar di media sosial.

Read More

Mengetahui video tersebut, Tim Virtual Police Polres Banjarbaru bersama Sat Reskrim Polres Banjarbaru langsung melakukan penelusuran untuk menindak lanjuti. Dimana diketahui video Live Music tersebut berlangsung pada hari Jumat (2/7/2021) pukul 15.00 WITA sampai dengan 18.00 WITA di Rumah Tudung Saji Kota Banjarbaru.

Dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Banjarbaru Iptu Martinus Ginting, S.H bersama Satuan Fungsi lainnya dan Satpol PP Kota Banjarbaru serta Dinas terkait lainnya menuju ke Rumah Makan Tudung Saji untuk mengetahui faktanya pada satu hari setelahnya, Minggu (3/7/2021).

“Pemilik rumah makan membenarkan adanya kegiatan tersebut yang dilaksanakan oleh salah satu Grup Music beraliran Underdog’s yang merayakan hari jadinya. Dimana sekitar 50 orang hadir setelah membagikan undangan melalui media sosial dan kegiatan tersebut diketahui tidak ada rekomendasi dari BPBD selaku gugus tugas Covid-19 Kota Banjarbaru,” terang Iptu Martinus Ginting, S.H.

 

Tidak Kantongi Izin Usaha dan Langgar Prokes, RM Tudung Saji Ditutup

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tudung Saji yang beralamat di Jalan Pangeran Suriansyah, Kelurahan Komet, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru ini ditemukan pelanggaran protokol kesehatan. Selain itu juga ternyata tidak memiliki izin usaha.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, S.I.K., M.H yang saat itu mendapat laporan dari personilnya kemudian berkoordinasi dengan Walikota Banjarbaru H.M.Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H serta Forkopimda lainnya.

“Langkah cepat dan tegas ini kami lakukan dengan terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Banjarbaru dimana hasil koordinasi berdasarkan fakta kejadian yang didapat dari rangkaian penyelidikan maka bersama pemilik rumah makan dengan kesadaran sendiri sepakat untuk ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan”, tegas AKBP Doni Hadi Santoso, S.I.K., M.H.

Dasar penutupan dikeluarkan pihak Satpol PP Kota Banjarbaru setelah berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Banjarbaru yaitu Pasal 4 b angka 4 Perwali Nomor 27 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Pasal 7 Perda Nomor 14 Tahun 2014 tentang Izin usaha hiburan umum rekreasi dan hiburan.

“Peran pelaku usaha sangat penting dimana selain menyediakan tempat cuci tangan atau handsanitizier dan pembatas jaga jarak untuk pengunjungnya juga mempunyai kewajiban untuk terus menghimbau para pengunjungnya jika melihat pelanggaran prokes Covid-19 terjadi sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan mereka,” pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *