Ternyata Ini 7 Manfaat Buah Matoa

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu matoa. Jadi, matoa ini adalah buah yang memiliki nama latin Pometia Pinnata. Buah ini kaya akan vitamin C dan vitamin E. Buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, lho. Seperti yang dilansir di Suara.com berikut manfaat buah matoa.

Diketahui, buah matoa ini merupakan tanaman khas dari Papua. Pada umumnya tanaman matoa ini hanya berbuah setahun sekali. Mulai berbunga dari Juni hingga September, dan berbuah lagi dalam tiga hingga empat bulan. Buah matoa ini menjadi favorit semua orang, mungkin karena rasanya manis dan enak yang hampir sama dengan buah rambutan.

Read More

Selain memiliki rasa yang manis dan enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Adapun manfaat buah matoa yang dikutip dari berbagai sumber yakni sebagai berikut:

1. Mengurangi Penyakit Jantung Koroner
Vitamin C dalam buah matoa dipercaya dapat membantu mengurangi penyakit jantung. Selain itu, jika pola makan Anda tidak sehat, Anda bisa menggunakan buah matoa sebagai pendamping (buah) sebagai penyeimbang.
2. Dapat Meredakan Stres
Buah matoa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat sebagai obat penenang alami. Salah satunya adalah vitamin E yang dapat membantu meredakan stres. Untuk mengatasi stres, cukup makan saja.

3. Dapat Meminimalkan Risiko Kanker
Kandungan antioksidan dalam buah matoa akan membantu mencegah sel kanker yang tumbuh dari karsinogen. Buah matoa juga mengandung vitamin C yang akan membantu mengaktifkan antioksidan.

4. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin E pada buah matoa juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Bersama dengan beberapa senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah matoa, vitamin E mampu meningkatkan regenerasi sel kulit.

5. Dapat Menangkal Radikal Bebas
Vitamin C dan E pada buah matoa bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat merusak dan menggerogoti sel-sel tubuh.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah matoa juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita
Buah matoa mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat dan penting untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Bagi wanita, vitamin E mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur dan meningkatkan kesuburan hingga 20 hingga 30 persen.

Bukahn hanya itu, kandungan ini juga dapat mencegah pecahnya selaput ketuban selama kehamilan. Sedangkan untuk pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma pada pria.
Demikian ulasan mengenai manfaat buah matoa bagi kesehatan. Apakah Anda sudah pernah makan buah matoa?

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *