Terapkan Social Distancing, Cukup 15 Menit Sehari Untuk Tubuh Yang Lebih Sehat dan Aktif Saat Berada di Rumah

  • Whatsapp
Waktu Baca : 4 menit
Cukup dengan 15 menit agar anda tetap fit saat #dirumahaja

Banjarbaruklik – Pemerintah belum lama ini mengeluarkan imbauan untuk menerapkan ‘social distancing’, terkait dengan penyebaran coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru di Indonesia. Masyarakat diimbau untuk meminimalkan kegiatan di luar rumah dan saling berinteraksi secara fisik, misalnya sekolah, bekerja, bahkan beribadah.

Read More

Hal tersebut tentunya akan mengubah banyak hal selama beberapa waktu ke depan. Namun, walaupun segalanya harus dilakukan di rumah, bukan alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Sebab, gaya hidup tidak aktif atau malas bergerak, juga dapat melemahkan imunitas tubuh Anda, yang justru penting untuk melawan virus termasuk Covid-19.

Jika Anda tak bisa pergi ke gym atau jogging di ruangan terbuka, jangan khawatir. Sebab, Anda masih bisa berolahraga di rumah.

Cukup sisihkan setidaknya 15 menit di pagi hari untuk melakukan latihan secara rutin. Hasilnya? Metabolisme tubuh terjaga–yang artinya kamu bisa lebih cepat membakar lemak–tubuh berenergi, dan pikiran pun jadi lebih fresh. Tenang saja, kamu tak perlu repot pergi ke gym, kok. Kami pilihkan olahraga simpel yang bisa dilakukan di manapun berada, temasuk di rumah, lho! Bagaimana caranya? Simak informasinya seperti dirangkum Banjarbaruklik.com.

3 Menit Jalan Cepat di Tempat

Gerakan simpel ini disinyalir memiliki segudang manfaat buat kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, melancarkan metabolisme tubuh, mencegah osteoporosis, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meningkatkan aktivitas di sel otak kamu. Pasalnya, hampir melatih seluruh bagian tubuh secara bersamaan. Seru, kan?

3 Menit Lompat Tali

Skipping bisa membuang kalori lebih banyak kendati dilakukan dalam waktu yang singkat. Sudah pasti latihan ini sangat efektif untuk bantu menurunkan berat badan kamu. Koordinasi antara gerakan melompat dan mengayunkan tali ini juga bantu kamu untuk berpikir lebih fokus.

2 Menit Jumping Jacks

Berdiri tegak dengan kedua tangan diletakkan di samping badan, lalu melompat dengan membuka lebar kedua kaki dan tangan ke atas. Usai melompat, segera kembali ke posisi awal. Begitu seterusnya, sampai 2 menit. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari, seperti kaki, perut, dada, lengan, dan bahu.

3 Menit Squat

Posisikan tubuh dengan berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan, kemudian tekuk lutut sambil menurunkan bokong, hingga paha sejajar dengan lantai, lalu angkat kedua tangan lurus ke depan. Ulangi dan lakukan selama 3 menit. Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot betis, paha, pinggul, dan perut.

1 Menit Push Up

Gerakan ini memiliki banyak sekali manfaat buat tubuh kamu. Selain efektif untuk melatih otot bagian atas, seperti dada, bahu, dan lengan, kamu juga bisa latih otot perut. Gerakan ini bisa membantu membuat metabolisme tubuh lebih lancar dalam membakar lemak.

1 Menit Plank

Kendati terlihat simpel, manfaatnya tak kalah buat melatih otot perut dan mengurangi nyeri di punggung, lho. Untuk melakukan gerakan dengan benar, posisikan badan kamu sama dengan saat latihan push up, tekuk siku hingga 90 derajat dan kedua lengan menempel di lantai, saling berhadapan. Tahan posisi ini selama mungkin, bisa diawali dengan 30 detik, lalu lanjut selama satu hingga dua menit hingga tubuh Kamu terbiasa melakukannya.

Catatan: Luangkan waktu istirahat selama 30 detik di setiap gerakan.

Nah, itulah workout simpel yang bisa kamu lakukan saat berada di rumah. Jika dilakukan dengan tepat, 15 menit waktu yang diluangkan bahkan bisa membakar lebih dari 100 kalori setiap sesinya. So, tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *