Terapkan Gelang Pasien, RSD Idaman Banjarbaru Akui Untuk Permudah Identifikasi Pasien

Waktu Baca : 3 menit
Ilustrasi – Kegunaan gelang pasien rawat inap ini sangat penting dan merupakan prosedur yang harus dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Banjarbaruklik – Keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja di rumah sakit dan fasilitas medis lainnya perlu diperhatikan. Demikian pula penanganan faktor potensi berbahaya yang ada di rumah sakit.

Serta metode pengembangan program Health, Safety, Environment (HSE) atau juga yang dikenal dengan nama Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Lingkungan (K3).

Read More

Seperti misalnya perlindungan baik terhadap penyakit infeksi maupun non-infeksi, penanganan limbah medis, penggunaan alat pelindung diri dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi standar disemua rumah sakit, tak terkecuali Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru. Hal ini juga terlihat banyak warna warni penanda.

BERI KETERANGAN – Kasi Asuhan Keperawatan RSD Idaman Kota Banjarbaru, HM Fakhruddin Noor SKM MKM memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik, Kamis (2/4) tadi.

Salah satunya adalah gelang penanda pada pasien. Saat dikonfirmasi, Kasi Asuhan Keperawatan RSD Idaman Kota Banjarbaru, HM Fakhruddin Noor SKM MKM mengatakan, menggunakan gelang pasien rawat inap, pada saat dirawat di rumah sakit merupakan prosedur yang harus dilakukan.

“Bukan sebagai aksesoris, tetapi penggunaan gelang pasien dapat membantu tenaga klinis atau  Profesional Pemberi Asuhan (PPA)  dalam mengenali keadaan pasien,” jelasnya kepada Banjarbaruklik, Kamis (2/4) pagi.

Dijelaskannya, banyaknya tenaga klinis atau PPA yang bekerja di rumah sakit dan adanya sistem shift. Sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pelayanan asuhan untuk pasien.

Penggunaan gelang pasien ini bertujuan untuk mengurangi atau meniadakan kesalahan perlakuan kepada pasien.

“Penggunaan gelang pasien rawat inap merupakan salah satu sasaran keselamatan pasien. Tujuanannya untuk mengidentifikasi pasien yang dirawat di rumah sakit. Identifikasi yang tepat untuk pasien penting untuk ketepatan pemberian pelayanan keperawatan maupun pengobatan,” terangnya.

Ditegaskannya, setiap kali tenaga kesehatan melakukan tindakan medis dan keperawatan, seperti pemberian obat, transfuai darah, serta tindakan invasif hingga pengambilan darah atau spesimen lain untuk pemeriksaan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahan fatal, yang mungkin dapat berdampak pada keselamatan pasien.

“Identitas yang dicatat pada gelang pasien adalah nama, tanggal lahir, umur pasien dan nomor medikal rekord. Nantinya akan datang diganti dengan NIK e-KTP,” ungkapnya.

Tidak hanya untuk mengetahui nama dan identitas lain dari pasien pada saat pelayanan medis dan keperawatan. Gelang pasien juga berfungsi untuk menandai pasien yang memiliki risiko atau keadaan khusus dengan penambahan 3 warna stiker yang ditempelkan.

“Ini bertujuan agar tenaga kesehatan yang menanganinya dapat lebih waspada. Sehingga tidak terjadi kesalahan sedikit pun saat menanganinya,” tutupnya. (ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.