PAN Banjarbaru Mulai Buka Pendaftaran

Waktu Baca : 3 menit
BERIKAN KETERANGAN – Ketua Tim Penjaringan DPD PAN Banjarbaru, Antung Nurdin (Baju Biru), memberikan keterangan. Terkait pembukaan Penjaringan Pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota, yang akan maju melalui di Partai mereka, Minggu (17/11) malam.

Banjarbaruklik – Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banjarbaru, akhirnya membuka pendaftaran penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru, untuk Pilkada 2020 nanti.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPD PAN Banjarbaru, Antung Nurdin. Saat konferensi Pers, di Kantor DPD Partai PAN Banjarbaru Minggu (17/9) malam.

Read More

Tahapan penjaringan mulai dari pengambilan berkas Pendaftaran dan pengembalian berkas ini, akan dilaksanakan selama 11 hari. Sejak Rabu (20/11) sampai dengan Sabtu (30/11) nanti.

“Dalam rangka menyambut Pilkada tahun 2020 nanti. Kami dari DPD PAN Banjarbaru, akan membuka Penjaringan dan pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru. Didalam tanggal tersebut, kami juga akan melaksanakan proses pendaftaran, sekaligus pengembaliannya. Teknisnya sama seperti Partai-Partai lain,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.

Dia menjelaskan, pihaknya akan membuka secara umum dan seluas-luasnya. Kepada siapapun yang berniat mendaftar ke Partainya. Saat ditanya soal waktu, menurutnya 11 hari ini dirasa waktu yang cukup dan efisien. Selain itu informasi terkait proses ini juga dirasa akan cepat tersebar.

“Untuk pembukaan proses penjaringan ini tidak serentak se-Kalsel. Ini baru Kami DPD PAN Banjarbaru yang membukanya, dengan persetujuan DPW PAN Kalsel,” tambahnya.

Diterangkannya, untuk proses pengambilan berkas pendaftaran pihaknya tidak menerapkan sistem online. Jadi bagi Bakal Calon atau pasangan bakal calon, dipersilahkan langsung datang ke Kantor DPD PAN Banjarbaru.

“Kami akan membuka Peluang bagi semua Pasangan Bakal Calon dan Calon perseorangan yang akan mendaftarkan diri ke PAN Banjarbaru. Peluangnya semua sama, baik itu Bakal Calon Petahana, Penantang, yang dari luar ataupun dari kader Partai kami,” tegasnya.

Antung mengakui, dalam proses penggembalian berkas nanti. Pihaknya kedepan juga akan melaksanakan diskusi, serta fit and profer tes. Terhadap Bakal Calon dan Pasangan Bakal Calon yang mendaftarkan diri.

“Sampai H-3 ini belum ada yang berkomunikasi, mulai Pasangan Calon dari kubu Petahana ataupun kubu Penantang. Intinya dalam proses ini, kami membuka seluasnya kepada siapa saja. Dimana semua sama hak dan kesempatannya kepada siapapun Bakal Calon,” bebernya.

Diterangkannya, DPD PAN Banjarbaru hanya menjalankan proses Penjaringan. Lalu menerima dan memverifikasi berkas Bakal Calon. Dimana berkanya ini, nanti akan diserahkan ke DPW PAN Kalsel dan dilanjutkan ke DPP PAN. Keputusan terkait Surat Keputusan rekomendasi, berada di DPP PAN.

“Kami yang pasti ada kerangka pemetaan Politik di Kota Banjarbaru. Jika ada Pasangan Calon yang membawa dokumen tambahan, seperti hasil survei silahkan saja,” ujarnya.

Dirinyapun menggaris bawahi, bahwa Partainya memiliki standar ukuran dan mekanisme tersendiri. Dalam menilai Pasangan mana yang akan diusung nantinya.

“Intinya kami memberikan kesempatannya sama kepada siapapun. Kami berproses dengan Penjaringan ini, setelah lengkap semua berkas Bakal Calon, nanti di bawa ke DPW dan dilanjutkan ke DPP,” tutupnya.

Sebelumnya, beberapa partai di Kota Banjarbaru juga telah membuka proses Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakilnya. Menjelang Pilkada tahun 2020 nanti.

Diantaranya PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra Banjarbaru

Pertarungan di Kota Banjarbaru juga diprediksi akan ramai. Pasalnya selain Pasangan Petaha Nadjmi Adhani- Darmawan Jaya, juga ada tiga pasangan penantang yang sudah mendeklarasikan diri.

Mulai dari Pasangan Aditya Mufti Ariffin-AR Iwansyah. Lalu pasangan Sofwat Hadi-Dr Halim dan Pasangan Edi Saifuddin-Astina Zubaida. Dimana ketiga Pasangan Kubu Penantang ini, juga telah mendaftarkan diri ke beberapa Partai di Kota Banjarbaru.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.