Tambahkan Susu Dalam Racikan Kopi, Dapat 3 Manfaat Sehat Ini

Ilustrasi Kopi.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Menambahkan susu pada kopi tak hanya meningkatkan karakter rasa, tetapi juga manfaat sehat. Paduan keduanya bisa mencegah risiko penyakit jantung.

Susu merupakan bahan campuran kopi yang populer digunakan. Mencampurkan susu pada kopi bisa membuat teksturnya lebih creamy dan gurih rasanya.

Read More

Baik susu maupun kopi masing-masing memiliki kandungan nutrisi penting. Jika nutrisi kopi dan susu dipadukan bisa memiliki efek lebih menyehatkan, seperti anti inflamasi

Hal tersebut diungkap oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, lapor Medical News Today (06/02/23).

1. Kandungan polifenol pada kopi

Kopi mengandung polifenol, senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Peneliti menjelaskan bagaimana pengikatan polifenol khusus ini dengan asam amino sistein memengaruhi efek penghambatannya terhadap peradangan pada sel.
“Kami menemukan bahwa polifenol bereaksi dengan protein dalam berbagai jenis makanan, termasuk susu,” ujar Prof Marianne Nissen Lund.

Menurut Prof Marianne, polifenol pada kopi memiliki struktur yang lebih sederhana dibandingkan polifenol pada teh hijau.

2. Peran polifenol pada susu

Polifenol merupakan sumber antioksidan yang paling melimpah. Kandungan ini dianggap mampu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang terjadi secara alami.

Namun, mereka juga berkontribusi melawan proses penuaan dan bersifat anti inflamasi. Efek ini terjadi karena polifenol mengurangi stres oksidatif.

Proses tersebutlah yang membantu memperlambat peradangan dan penuaan. Kopi merupakan sumber polifenol, termasuk asam caffeic yang juga terdapat pada tepung bunga matahari.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Selain itu, kandungan tersebut juga berperan untuk menghambat oksidasi lipoprotein yang diyakini dapat menghambat efek sehingga mengurangi penyakit kardiovaskular.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi respon imun pada orang yang sensitif terhadap susu,” ujar Dr. Adil Maqbool dari Allama Iqbal Medical College di Lahore, Pakistan.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa menggabungkan polifenol pada susu membantu mengurangi respon imun pada orang yang intoleransi laktosa atau kafein.

“Mekanisme pasti di balik interaksi ini belum sepenuhnya dipahami, namun diyakini bahwa polifenol dapat membantu mengurangi respons imun dengan mengurangi peradangan,” tambahnya ujarnya seperti dilansir dari detik.com.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *