Survey Kompas, 4 Parpol yang Lolos ke Senayan, Parpol Baru Dikisaran Nol Koma Sekian Persen

  • Whatsapp
Waktu Baca : 3 menit
Hasil survei Litbang Kompas menyebut hanya empat parpol yang dipastikan lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif 2019.

Banjarbaru Klik – Hasil survei Litbang Kompas menyebut hanya empat parpol yang dipastikan lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif 2019.

Tampak dari hasil survei Litbang Kompas yang dirilis hari ini (Kamis, 21/3/2019), elektabilitas PDI Perjuangan dan Partai Gerindra yang teratas diikuti Golkar dan PKB.

Read More

Syarat ambang batas DPR atau parliamentary threshold (PT) untuk Pemilu 2019 adalah 4 persen.

Survei menunjukkan peluang PDIP menjadi juara bertahan dengan perolehan 26,9 persen responden. Rival PDIP dalam Pemilihan Presiden, Partai Gerindra di peringat kedua dipilih 17 persen responden.

Survei Litbang Kompas digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu dikutip dari Harian Kompas, mengatakan, parpol yang tidak seberuntung PDIP dan Gerindra harus berpikir keras untuk mendapatkan insentif elektoral di Pileg.

Parpol peserta Pemilu yang lain meski lolos ke DPR tapi elektabilitasnya terpauh jauh di bawah PDIP dan Gerindra. Golkar di peringat ketiga hanya dipilih 9,4 persen menyusul PKB dengan 6,8 persen. Selanjutnya ada Demokrat 4,6 persen, PKS 4,5 persen, PAN 2,9 persen, PPP 2,7 persen, dan Nasdem 2,6 persen.

Sisanya parpol yang elektoralnya tak cukup untuk melewati PT 4 persen, meski perolehan mereka sudah ditambah margin of error 2,2 persen. Masuk kategori ini ada Hanura 0,9 persen, PBB 0,4 persen, PKPI 0,2 persen, serta empat partai politik pendatang baru, yakni Perindo 1,5 persen, PSI 0,9 persen, Berkarya 0,5 persen, dan Garuda 0,2 persen.

PSI Dan Perindo Tidak Lolos Parlemen


Hasil survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan partai politik baru yang ikut berlaga pada Pemilu 2019 tidak ada satu pun yang berhasil lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen.

Elektabilitas empat parpol baru kebanyakan masih berkisar di angka nol koma. Yaitu, Partai Garuda (0,2 persen), Partai Berkarya (0,5 persen), PSI (0,9 persen) dan Partai Perindo (1,5 persen).

Survei Litbang Kompas memotret hanya enam parpol yang lolos Parlemen. PDIP (26,9 persen), Partai Gerindra (17 persen), Partai Golkar (9,4 persen), PKB (6,8 persen), Partai Demokrat (4,6 persen) dan PKS (4,5 persen).

Sementara parpol lama (di Parlemen) yang diprediksi tidak mencapai ambang batas, PAN (2,9 persen), PPP (2,7 persen), Partai Nasdem (2,6 persen), Partai Hanura (0,9 persen). Serta parpol lama (di luar Parlemen), PBB (0,4 persen) dan PKPI (0,2 persen).

Survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 2.000 responden pada 22 Februari sampai 5 Maret 2019. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

Margin of error penelitian +/- 2,2 persen pada pada tingkat kepercayaan 95 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.  (rmol)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *