Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Banjarbaru

  • Whatsapp
Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Banjarbaru
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Kota Banjarbaru Tahun 2021 bertempat di Aula Gawi Sabarataan, Kamis, (3/6/2021).

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang diwakili Asisten I, H Fahrudin. Turut hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjarbaru Drs. H. Abdul Malik, M.Si didampingi Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Abu Yajid Bustami, S.Sos., M.AP.

Read More

Dalam sambutannya, Fahrudin menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh hadirin yang mengikuti sosialisasi PKBN pada hari ini.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dalam suatu wadah NKRI guna meningkatkan kesadaran bela negara,” ucapnya.

Lanjutnya, sehingga tercipta penguatan pemahaman bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam keanekaragaman ras, suku, budaya, agama dan orientasi sosial masyarakat.

Kepala Bakesbangpol Kota Banjarbaru Drs. H. Abdul Malik, M.Si dan Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Abu Yajid Bustami, S.Sos., M.AP

Ia berharap peserta sosialisasi mampu menjadi kader-kader generasi pembangunan yang bertanggungjawab untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Banjarbaru Drs. H. Abdul Malik, M.Si menjelaskan, PKBN adalah segala usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan, pendidikan atau pelatihan kepada warga negara guna menumbuh kembangkan sikap dam perilaku serta menanamkan nilai dasar bela negara.

“PKBN dilaksanakan dalam 3 ruang lingkup yakni pendidikan, masyarakat dan pekerjaan yang berupa seminar, lokakarya, penyuluhan, diskusi interaktif dan lainnya,” tambahnya.

Disampaikannya bahwa pelaksanaan sosialisasi ini untuk 10 peserta dibagi 2 sesi yakni hari ini dan besok masing-masing terdiri oleh 50 peserta dari berbagai macam organisasi masyarakat dan Camat serta Lurah di Kota Banjarbaru.

“Kegiatan rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya cegah dini serta antisipasi terhadap segala bentuk ancaman yang akan menggangu stabilitas keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan di wilayah Kota Banjarbaru,” pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.