Sosialisasi dan Bimtek Pengarusutamaan Gender di Kota Banjarbaru

Sosialisasi dan Bimtek Pengarusutamaan Gender di Kota Banjarbaru
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pembukaan kegiatan Bimtek Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru, Jumat (5/11/2021).

Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Dra Lesa Fahriana menyampaikan bahwa perencanaan dan penganggaran responsif gender merupakan instrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan akses, control dan manfaat pembangunan bagi laki-laki dan perempuan.

Read More

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000, bahwa pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender atau menghilangkan adanya diskriminasi. Kesetaraan gender menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan pembangunan masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Banjarbaru tentu saja berkomitmen untuk mendorong terealisasinya hak-hak perempuan di semua bidang pembangunan, dan bersama-sama untuk memperjuangkan peningkatan hak-hak perempuan,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan pada hari ini dapat mendukung dan mengimplementasikan PUG dalam keseharian, serta membangun Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Banjarbaru menjadi ramah perempuan dan peduli anak.

Dukung Percepatan Vaksin, Kelurahan Laura Gelar Vaksinasi untuk Umum

 

Pada bulan oktober yang lalu, Kota Banjarbaru menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya. APE merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kabupaten/Kota dalam keseriusan dan komitmen kepala daerah dalam menjalankan strategi PUG sebagai upaya untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan.

Bimtek pada hari ini juga dilaksanakan dalam rangka evaluasi implementasi PUG untuk seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

“Evaluasi ini juga diharapkan agar seluruh SKPD dapat bersinergi dengan baik, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kota Banjarbaru,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Dra Hj Mahrina Noor menyampaikan, pihaknya mengadakan Bimtek Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk seluruh SKPD.

“Jumlah peserta Bimtek sebanyak 30 orang, dengan nara sumber yang merupakan fasilator PUG dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yusuf Setiandy dan Fasilator PUG Prov Kalsel Noor Hikmah,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Husnul Hatimah SH MH sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bimtek Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kota Banjarbaru ini. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *