Simak, Berikut 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Setelah menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan langsung dibuang ya, karena ampas kopi memiliki manfaatkan untuk berbagai hal yang di rumah kita. Berikut kegunaan ampas kopi yang mungkin diantara kalian belum mengetahuinya :

1. Mengharumkan kulkas dan tangan.

Jika menyimpan berbagai macam makanan dan terlalu lama di kulkas dapat membuat makanan menjadi busuk dan dapat menimbulkan aroma tidak sedap di kulkas. Jika bau tidak sedap itu sulit hilang dari kulkas, kalian bisa menaruh ampas kopi di mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bau kulkas.

Dalam kegiatan memasak terkadang meninggalkan bau sisa makanan di tangan, seperti bau ikan, bau bawang, dan lainnya. Kalian bisa menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkannya dan tanganmu akan terasa lebih segar.

2. Mencegah penuaan wajah

Bubuk kopi mengandung kafein dan antioksidan. Ampas kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang akan menunda penuaan pada wajah kita mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Membuat masker wajah berbahan dasar kopi juga sangat mudah. Caranya cukup dengan menggunakan ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya, lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Pupuk organik

Siapa yang menyangka ternyata ampas kopi dapat menjadi pupuk tanaman yang akan menambah nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga, tentu akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Caranya sangat mudah, ampas kopi tersebut langsung taburkan ke tanaman.

Selain itu, ternyata bubuk juga kopi bisa mencegah hama pada tanaman. Ampas kopi ini akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tak hanya itu, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu tidak menyukai daunnya yang beraroma kopi tersebut.

4. Dapat menghilangkan noda pada wajan

Tentu sebagai ibu rumah tangga paham bagaimana sulitnya menghilangkan noda pada panci atau wajan. Kalian bisa menggunakan bubuk kopi untuk membantu membersihkan bekas kotoran pada bagian belakang panci. Cukup hanya mencuci dengan air sabun yang dicampur dengan bubuk kopi, lalu gosok di bagian noda yang sulit hilang. Selain itu, jika peralatan makan meninggalkan bau amis yang sulit hilang bisa mencampurkannya dengan bubuk kopi saat mencuci.

5. Menyembuhkan mata bengkak

Penampilan menjadi tidak maksimal dan membuat kalian tidak percaya diri ketika mata bengkak. Ampas kopi bisa jadi solusinya. Caranya cukup mudah, cukup mengompres mata bengkak dengan ampas kopi dan diamkan kurang lebih 5-10 menit. Kafein yang terkandung dalam ampas kopi tersebut baik untuk melancarkan peredaran darah di bawah kulit dan mengurangi pembengkakan. Hasilnya, mata pun akan terlihat segar kembali.

Itulah informasi mengenai beberapa manfaat dari ampas kopi. Bagi kalian yang ingin merasakan manfaat dari ampas kopi tersebut bisa mengaplikasikannya dengan kreasi kalian. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (adl/abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *