Siaga Kebakaran Lahan, 2 Heli Water Bombing Tiba di Kalsel

Waktu Baca : 2 menit

SIAP TEMPUR : Dua buah helikopter pengebom air telah datang di Kalsel.

Read More

Banjarbaruklik
– Menghadapi musim kemarau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan dua heli water bombing ke Kalsel. Helikopter ini disiagakan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sewaktu-waktu bisa muncul.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan, dua heli yang datang pada Selasa (23/7) tersebut berjenis MI 8 dan Kamov KA 32T yang siap mengitari udara selama 3 sampai 4 jam sekali terbang. “Heli sangat berfungsi untuk memadamkan hotspot yang tidak terjangkau oleh tim satgas darat BPBD Kalsel,” katanya.

Dua unit heli yang datang merupakan tahapan awal kedatangan heli pada tahun ini. Ke depan masih ada dua tahapan lagi. “Total ada sembilan heli yang kami ajukan ke BNPB,” ucapnya.

Dengan kondisi kemarau saat ini, menurutnya kehadiran heli water bombing sangat penting. Sebab, karhutla setiap harinya terus bermunculan. “Dalam sehari karhutla bisa terjadi di dua sampai tiga titik,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Sahruddin menambahkan, dua heli yang sudah tiba telah beroperasi dengan durasi tujuh jam setiap harinya. “Semua heli tidak boleh diam, tapi terus bergerak sesuai dengan keinginan Paman Birin (Gubernur Kalsel),” bebernya.

Selain itu dia mengungkapkan, setiap hari kerja satgas udara dengan tim heli akan rapat di BPBD Kalsel untuk mengkoordinasikan planing wilayah yang harus di bom air. “Sementara untuk hari libur rapat harian dilakukan di Lanud Syamsuddin Noor,” ungkapnya.

Sedangkan bagi satgas darat, ada lima posko yang sudah disiapkan oleh BPBD Kalsel untuk siaga karhutla. Di mana semuanya ditempatkan di lokasi rawan kebakaran. Dengan harapan saat ada musibah bisa cepat diatasi.

Yakni, di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum untuk wilayah Kabupaten Banjar, Kecamatan Alalak untuk Kabupaten Batola, Kecamatan Bati-Bati untuk Tanah Laut, Wilayah Guntung Damar untuk Kota Banjarbaru dan satu posko di Kantor BPBD Provinsi Kalsel.(*)

sumber : prokal.co

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.