Serunya Lomba Masak Serba Ikan di Kota Banjarbaru

Waktu Baca : 4 menit




Banjarbaruklik – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru Hj Siti Hamdah SP MT saat menghadiri Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019 bertempat di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru yang di laksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) bekerjasama dengan TP PKK Kota Banjarbaru. Tampak Camat, Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Banjarbaru serta peserta Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019 dan undangan lainnya. Dan yang berhasil meraih Juara I untuk menu kudapan adalah Kelurahan Mentaos (Talam Haruan) dan untuk Juara I menu keluarga adalah Kelurahan Mentaos (Ubi Jerami Tenggiri Ikat Pahcoy) Kecamatan Banjarbaru Utara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru Hj Siti Hamdah SP MT menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta, perwakilan dari masing-masing Kelurahan dan Kecamatan se Kota Banjarbaru. Masing-masing peserta berkreasi menunjukan bakat dalam membuat menu baru yang berbahan dasar ikan. Dengan adanya Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019 dapat meningkatkan kreasi ibu-ibu dalam menyajikan masakan berbahan dasar ikan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga, serta membiasakan anak-anak kita untuk gemar makan ikan.

Read More

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani  menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan minat masyarakat Kota Banjarbaru dalam mengkonsumsi ikan, maka diadakanlah lomba masak serba ikan ini.  Meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat khususnya pada anak-anak dapat meningkatkan gizi, karena menurut hasil penelitian ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol. Adapun beberapa jenis ikan tertentu seperti salmon, sarden, tuna, makarel ataupun ikan mas memiliki kandungan omega 3 yang mengandung asam lemak tidak jenuh (epa) dan dha yang dapat mencegah penggumpalan darah serta dapat merangsang pertumbuhan otak dan kecerdasan.

Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat. Berbagai kandungan zat yang terdapat pada ikan sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, karena dapat  mencegah penyakit jantung koroner dan  gondok,  menghilangkan kekakuan      pada  persendian tulang, mempertajam retina mata, serta mencegah penuaan dini. Maka, membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan. Hj Ririen Nadjmi Adhani memberikan apresiasi atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru serta Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru sehingga terselenggaranya acara ini.

Hj Ririen Nadjmi Adhani juga berterimakasih kepada para peserta Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru atas dedikasi bersama untuk memajukan kesehatan masyarakat Kota Banjarbaru. Lomba masak serba ikan ini dilaksanakan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat nasional. Hj Ririen Nadjmi Adhani berharapagar ibu-ibu TP PKK dapat berinovasi dan berkreatifitas menciptakan resep/menu baru dalam memasak olahan ikan selain tidak mengenyampingkan cita rasa dari hasil olahan ikan tersebut sehingga dapat digemari dan menggugah selera serta bergizi tinggi.

Tentunya dengan adanya lomba ini diharapkan dapat mendorong kreatifitas dan inovasi dalam menciptakan menu nusantara beragam, bergizi dan disukai oleh masyarakat, terutama anak-anak balita karena ikan sangatlah baik untuk kesehatan dan kecerdasan, selain itu juga dengan lomba masak serba ikan ini dapat mengembangkan budaya memasak dan makan ikan mulai dari tingkat keluarga.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.