Seleksi Nasional Atlet Disabilitas Mulai Bergulir

Waktu Baca : 2 menit
BERI KETERANGAN – Ketua pengurus SOIna Kalsel, Mudiyono memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik.

Banjarbaruklik – Kalimantan Selatan menjadi salah satu salah satu daerah yang menjadi tempat seleksi Regional Unified Sport Competition Special Olympics Indonesia (SOIna).

Kali ini seleksi wilayah Kalimantan Selatan, resmi dibuka di Lapangan Murjani Banjarbaru, Sabtu (14/3) pagi tadi.

Read More

SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indone-sia yang mendapat akreditasi dari pemerintah Indonesia dan Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Disabilitas Intelektual di Indonesia.

Kalsel ditunjuk menjadi salah satu dari 7 Provinsi di Indonesia yang dipercaya untuk mengirimkan perwakilan atletnya. Sebanyak 210 atlet dari 9 Kabupaten Kota se- Kalsel saling berkompetisi dalam perlombaan lari estafet.

105 atlet di antaranya adalah disabilitas intelegensi dan 105 sisanya Youth Leader sebagai pendamping.

Ketua pengurus SOIna Kalsel, Mudiyono mengatakan, ajang ini untuk mencari atlet-atlet yang akan mengikuti kejuaraan tingkat nasional di Jakartaml pada Mei 2020, khususnya di bidang atletik.

Penjaringan atlet SOIna juga dilakukan melalui sesi divisioning, agar kompetisi berlangsung setara dan adil. Atlet dikelompokkan berdasarkan potensi dan kemampuan mereka.

“Biasanya untuk atlet 10-15 persen. Kalau ada perubahan bisa dibaca, karena prinsipnya peningkatan anak-anak disabilitas intelegensi ini naiknya tidak begitu banyak,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com

Dia menambahkan, untuk kuota belum mendapat informasi resmi dari SOIna pusat. Sehingga seleksi hari ini bertujuan sebagai persiapan untuk tingkat selanjutnya.

“Kami masih menunggu, yang jelas kami persiapkan, begitu ada jumlah kuotanya akan kita kirim,” tutupnya.

Dia menjelaskan, seleksi ini baru pertama dilakukan untuk cabang ini. Ini memang baru yang disosialisasi bulan September 2019, ada 7 kota di 7 provinsi se- Indonesia yang di beri kesempatan Soina pusat, untuk melaksanakan kegiatan ini termasuk salah satunya Banjarmasin di Kalsel ini.

“Rencana di bulan Mei jadwal dari pusat kegiatan ini akan diadakan di Jakarta,” tutupnya.(BK-03/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.